Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rekayasa Fit Jadi Lebih Aman di AS

Kompas.com - 22/08/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Los Angeles, KompasOtomotif - Honda Motor Company berencana mengulang rekayasa industri rancang bagun model andalan, Fit, di Amerika Serikat. Total 12.000 unit yang sudah ditangan konsumen akan ditarik untuk mendapat perbaikan konstruksi demi memperbaiki tingkat keselamatan dalam tes tabrak yang dilakukan perusahaan.

Langkah ini dilakukan karena sejak pertengahan 2014, Honda melakukan perubahan rekayasa produksi Fit di pabrik. Selain itu, karena sebelumnya hanya mendapat nilai rata-rata, dari tes tabrak depan bagian samping yang dilakukan Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan (IIHS) di Amerika Serikat (AS).

Ubahan yang dilakukan para teknisi adalah dengan memperbaiki proses pengelasan pada bagian bemperdi bagian fasia depan. Langkah ini membuat benturan jadi terserap lebih efektif sehingga dipercaya lebih aman pada penumpang.

Pada tes kedua IIHS, Juli lalu, yang diminta oleh Honda-setelah perbaikan rekayasa industri dilakukan-Fit berhasil menaikkan nilai tes tabrak. Berkat hasil ini, kemudian diputuskan untuk memperbaiki unit yang sudah dikirim ke konsumen. Tes pertama dilakukan 9 Juni dan menunjukkan hasil kurang memuaskan.

Fit generasi kedua, sempat berhasil menyabet predikat mobil teraman 2014 menurut IIHS karena hasil tes tabrak yang memuaskan. Kini, pada model terbaru, Honda tidak mau kehilangan predikat itu dan terus melakukan perbaikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com