Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lexus Akhirnya Menyerah di China

Kompas.com - 22/08/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif - Setelah mengaku tengah dilseldiki pihak berwenang di China, akhrinya Toyota memutuskan untuk mengurangi banderol suku cadang Lexus mulai Jumat (21/8/2014). Keputusan ini hanya terpaut sehari setelah Pemerintah Tiongkok menetapkan denda total mencapai 1,2 miliar yuan (Rp 2,28 triliun) terhadap 12 perusahaan pemasok komponen asal Jepang.

Ke-12 perusahaan tersebut dinyatakan terbukti bersalah melakukan praktik manipulasi harga, melanggar undang-undang anti monopoli yang berlaku di China, sejak 2008.

Lexus, dilansir Reuters (21/8/2014) akan merevisi harga 15.000 jenis komponen yang di jual di China, rata-rata 26 persen lebih murah mulai bulan depan, sseperti tercantum dalam pernyataan resmi di situs perusahaan. "Sebagai bentuk reaksi dari kekhawatiran Komisi Pengembangan Reformasi Nasional (NDRC) terhadap praktik monopoli di industri, Lexus China akan memangkas harga suku cadang mulai 1 September," tulis Toyota.

Dinyatakan pula mengenai kesiapan untuk mematuhi semua regulasi yang berlaku, memperbaiki perilaku manajemen, melindungi ketertarikan, hak konsumen, dan berkontribusi pada industri otomotif China.

Sebelum Lexus, merek lain asal Jerman, seperti BMW, Volkswagen, Audi, dan Mercedes-Benz sudah lebih dulu mengumumkan revisi harga suku cadang. Langkah ini dilakukan untuk berlaku lunak dengan pihak berwenang China, karena tuduhan melanggar undang-undang anti monopoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com