Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercedes-AMG Rangkul MV Agusta?

Kompas.com - 20/08/2014, 19:44 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Mercedes-Benz dan AMG dikabarkan tertarik membeli produsen sepeda motor asal Italia, MV Agusta. Top Gear dalam beritanya yang dilansir Selasa (19/8/2014), meyakini bahwa tawaran eksklusif sudah disodorkan. Proses peninjauan lebih dalam kini sedang dijajaki eksekutif AMG.

Informasi ini sepertinya meragukan, namun sumber internal membeberkan, kesepakatan keduanya bisa terjadi karena ada campur tangan dana ekuitas swasta, Investindustrial. Perusahaan ini dimiliki keluarga Bonomi, mantan pemegang hak Ducati yang pernah bekerjasama dengan AMG sebelum akhirnya Ducati dijual ke Audi.

Bonomi juga punya 37,5 persen kepemilikan Aston Martin, pabrikan mobil mewah asal Italia yang kini bekerja sama dengan AMG sebagai penyuplai mesin dan sistem kelistrikan. Bisa dikatakan, Mercedes-AMG dan MV Agusta secara tidak langsung memiliki kedekatan.

Meski demikian, belum ada pernyataan resmi dari kedua belah pihak. Tapi dijelaskan, keuntungan terbesar bila perjanjian ini benar akan berada ada di pihak MV Agusta. Merek ini selama dua dekade selalu berpindah kepemilikan. Dimulai dari Cagiva pada 1999, Lotus 2004, perusahaan keuangan pada 2005, Harley Davidson 2008, dan akhirnya kepada Claudio Castiglione empat tahun yang lalu (2010).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com