Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L

Sensasi Dahsyat Berkendara Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L

Kompas.com - 20/08/2014, 19:38 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jimbaran, KompasOtomotif - Dalam beberapa artikel New Ford Fiesta EcoBoost 1.0 L sebelumnya, sudah dibahas sederet kelebihan terutama di sektor mesin. Namun kurang lengkap jika tidak merasakan dahsyatnya mesin terbaik dunia tiga kali berturut-turut tersebut.

PT Ford Motor Indonesia (FMI) mengajak puluhan media nasional termasuk KompasOtomotif  untuk menguji kemampuan Fiesta EcoBoost di Bali, pekan lalu. Setelah pembahasan eksterior dan kabin, kini giliran performa mesin.

KompasOtomotif mendapatkan tipe tertinggi dengan transmisi otomatis enam percepatan. Jok depan semi-bucket terasa nyaman menahan punggung. Tak sulit mencari posisi terbaik berkendara. Sebelum mulai berkendara, mata coba melihat apa yang tersedia di hadapan.

Batang kemudi palang tiga dengan kontrol audio hingga pengaturan spion secara elektronik dengan tombol yang ada pada door trim. Pengaturan lampu tidak menggunakan tuas, melainkan tombol pada dashboard belakang kemudi. Tuas lampu sein sebelah kiri, dan tuas wiper kaca depan dan belakang ada di kanan.

Fiesta EcoBoost sudah dilengkapi tombol start/stop, cukup injak rem dan tekan tombol Ford Power, mesin menyala. Hebatnya, meski bertipe tiga silinder, getaran mesin sama sekali tidak terasa dan nyaris tanpa suara. Ford menyematkan sederet teknologi canggih untuk mengurangi kelemahan yang biasa ditemukan pada mesin tiga silinder. Tingkat kedap kabin yang apik juga berperan mengurangi kebisingan dari luar.

Sensasi mesin
Saatnya geser tuas transmisi ke posisi Drive, lepas rem tangan, dan jalan! Meski hanya 1.000 cc, sensasinya seperti akselerasi mesin diesel dengan torsi berlimpah di putaran bawah. Tidak perlu menginjak pedal gas secara penuh untuk berakselerasi.

Mesin mampu menyemburkan daya hingga 125 PS pada putaran 6.000 RPM dan torsi 170 Nm pada rentang putaran mesin 1.400 RPM sampai 4.000 RPM. Penasaran dengan larinya, KompasOtomotif memacu lebih cepat saat masuk ke ruas tol Bali Mandara. Tanpa terasa, jarum speedometer sudah menyentuh angka 100 kpj, dengan alasan keamanan kaki pun harus diangkat dari pedal gas.

Tersedia fitur Sport pada tuas tranmisi dengan adanya tombol + dan - untuk menaikan atau mengurangi level transmisi. Semua yang dihadirkan Fiesta ini cukup menggambarkan keistimewaan mesin EcoBoot 1,0 liter.

Bila ingin mendapatkan efisiensi bahan bakar, ada fitur Eco Mode. Hanya fitur tersebut sebatas memberikan informasi karakter pengemudi saat berkendara, tolok ukur berdasarkan bukaan gas. Perlu diketahui juga, pengukuran tidak real time, skor terbaik bila lima lambang "kelopak bunga” terisi penuh, hasilnya bisa dilihat di layar monitor dashboard.

Memasuki wilayah Ubud dengan kontur tanjakan dan turunan dan lalu lintas padat, saatnya merasakan fitur Hill Launch Assist. Dengan fitur ini bisa menahan laju gravitasi mobil dalam waktu tiga detik setelah rem dilepas saat berhenti pada posisi tanjakan. Ini membuat pengemudi punya cukup waktu memindahkan kaki dari pedal rem ke gas.

Kesimpulan
Tenaganya besar di putaran bawah seperti diesel, dan stabil di putaran atas seperti mesin bensin. Selain itu, bisa dirasakan juga kalau mesin ini senyap tidak seperti mesin tiga silinder pada umumnya. Yang jelas, ketika ada di belakang kemudi, pengendara tidak menyangka bahwa ini mesin 1.000cc dengan tiga silinder.

Baca juga:
Menjelajah di Ruang Kabin Fiesta EcoBoost 1.0 L

Fiesta Tak Sekedar Tampil Sporty

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com