Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Australia

Bantuan "Mata" di Area Tak Terlihat dari Ford

Kompas.com - 20/08/2014, 12:00 WIB
Melbourne, KompasOtomotif - Proses memarkir bagi sebagian pengemudi merupakan mimpi buruk, apalagi jika ruang terbatas dan banyak area tak terlihat (blind spot). Ford punya ragam solusi, salah satu yang dipasang pada model di segmen menengah adalah Cross Traffic Alert. Kelengkapan tersebut membantu pengemudi saat keluar parkir dengan cara mundur. Teknologi ini akan sangat membantu jika kita sedang tidak fokus atau ada mobil lain di sebelah yang menghalangi pandangan.

Saat pengemudi mulai memundurkan mobil, jika ada kendaraan lain yang akan melintas ke arah yang akan kita tuju, maka muncul peringatan sehinga dapat mencegah terjadinya tabrakan. Peringatan tersebut berupa bunyi "beep" dari speaker, peringatan pada monitor, dan juga indikator yang menyala pada spion kanan atau kiri (tergantung arah kendaraan yang akan melintas).

Tak ada proses untuk mengaktifkan kelengkapan tersebut, karena otomatis akan berfungsi ketika akan mobil mundur. Saat itulah sonar akan dikirim melalui sensor yang ada di bemper belakang untuk mengetahui situasi sekitar. Jika terdetaksi adanya kendaraan yang akan melintas, informasi langsung dikirim ke komputer dan langsung memberikan peringatan. Ketika tanda peringatan berbunyi, maka Anda harus segera menginjak pedal rem. Sedikit berbeda dengan pengalaman yang pernah dilakukan awak KompasOtomotif sebelumnya pada mobil premium. Saat peringatan muncul, maka secara otomatis rem akan berfungsi meski pengemudi tidak menginjak pedal rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com