Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Mobil Ini Jadi Incaran Baru Para Maling

Kompas.com - 20/08/2014, 10:45 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Sumber inautonews

Illinois, KompasOtomotif – Semua pemilik kendaraan wajib meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko pencurian. Sindikat spesialis pencuri mobil kini tidak lagi mengincar model sport atau berkategori mewah. Justru sebaliknya, banyak maling mencuri mobil keluarga dan mobil laris (populer) karena lebih mudah dibobol.

Memang, mencuri mobil mewah atau sport lebih menguntungkan. Selain harga jualnya tinggi, tak sulit juga mencari penadahnya. Hanya, mobil mewah dan modern saat ini sudah dilengkapi sederet fitur anti-pencurian.

Badan Nasional Asuransi Kriminal (NCIB) di Des Plaines, Illinois, Amerika Serikat, merilis daftar terbaru kendaraan yang kini diminati maling. Ada 10 mobil, terbagi dalam lima model baru dan lima model lawas.

Uniknya Corvette atau Mercedes-Benz S-Class tidak masuk dalam daftar. Pencuri lebih suka dengan model laris seperti Ford F-150, Toyota Camry, hingga Honda Accord.

”Penurunan angka pencurian kendaraan adalah kabar baik bagi kita semua. Tapi (pencurian) masih tetap ada, dengan rata-rata kerugian 4 miliar dollar AS (Rp 46,7 triliun) per tahun. Itu sebabnya kami memuji produsen kendaraan atas upayanya meningkatkan teknologi anti-pencurian. Kami juga bekerjasama dengan penegak hukum untuk mengidentifikasi dan mencari akar kejahatan terorganisir ini,” jelas Presiden dan CEO NCIB Joe Wehrle, seperti dilansir Inautonews, Rabu (20/8/2014).

Berikut adalah dafar terbaru mobil favorit maling di AS:
1. Honda Accord (53.995 unit)
2. Honda Civic (45.001 unit)
3. Chevrolet silverado (27.809 unit)
4. Ford F-150 (26.494 unit)
5. Toyota Camry (14.420 unit)

Lima model lawas:
1. Nissan Altima (810 unit)
2. Ford Fusion (793 unit)
3. Ford F-150 (775 unit)
4. Toyota Corolla (669 unit)
5. Chevrolet Impala (654 unit)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber inautonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com