Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Setelah melewati tujuh bulan pertama tahun 2014, sudah waktunya KompasOtomotif mengulik data penjualan mobil dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Tujuannya, untuk mengetahui lima model yang paling laris di pasar domestik Tanah Air.

Kelima model yang dimaksud tidak terikat oleh kategori, segmen, jenis kendaraan, atau harga jual. Fokus utama klasifikasi ini praktis dari total penjualan yang diperoleh pada periode Januari-Juli 2014.

Menariknya, dari lima model mobil terlaris ini, empat di antaranya merupakan kendaraan multiguna alias MPV. Sementara satu sisanya diperoleh dari mobil murah (LCGC). Berikut susunan lengkapnya:

Toyota Avanza
Sejak pertama kali dipasarkan pada 2004, kehadiran produk kolaborasi (dengan Daihatsu) ini sudah sensasional. Semenjak peluncuran perdana, Avanza menjadi mobil terlaris di Indonesia sampai tahun ini. Buktinya, penjualan dalam tujuh bulan pertama tahun ini mencapai 100.544 unit.

Honda Mobilio
Mobil terlaris kedua berhasil direbut pendatang baru, Honda Mobilio. MPV yang disiapkan khusus untuk Indonesia ini berhasil mematahkan rivalnya, yaitu Suzuki Ertiga dan tentunya Daihatsu Xenia selaku saudara kembar Avanza. Hebatnya lagi, prestasi Mobilio ini diperoleh sejak bulan pertama mulai dipasarkan, dengan total penjualan (tujuh bulan) mencapai 52.671 unit.

Toyota Agya

Menduduki peringkat ketiga mobil terlaris di Indonesia, produk dari megaproyek kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau alias LCGC ini cukup mengejutkan. Mobil kompak ini berhasil mematahkan mitos bahwa konsumen Indonesia hanya peduli dengan MPV. Agya mampu terjual 41.520 unit, jauh meninggalkan saudara kembarnya, Daihatsu Ayla, yang tidak masuk lima besar.

Toyota Innova
Produk legendaris Toyota Indonesia ini sudah melekat kuat di benak seluruh warga Indonesia. Citra mobil "idaman" keluarga membuat Kijang Innova tetap menjadi salah satu mobil idola konsumen lokal. Penjualan Innova tercatat 36.834 unit dan kuat duduk di peringkat keempat, setelah digeser oleh Agya.

Daihatsu Xenia
Model yang satu ini sebenarnya punya kekuatan yang sama dengan Toyota Avanza selaku pemimpin pasar. Sayangnya, citra merek (Daihatsu) tidak sekuat Toyota sehingga meski harus membayar lebih mahal. Menurut Gaikindo, Daihatsu berhasil terjual 28.805 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com