Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Australia

Variasi Teknologi Parkir Otomatis Ford

Kompas.com - 20/08/2014, 09:00 WIB
Melbourne, KompasOtomotif - Ford telah berhasil menanamkan salah satu teknologi mobil premium di segmen model menengah, yakni aplikasi parkir otomatis (active park assist). Teknologi tersebut sudah bisa dirasakan konsumen di Indonesia melalui Focus terbaru. KompasOtomotif pernah membahas cara mengaktifkan teknologi tersebut.

Kelengkapan saat ini masih terbatas hanya untuk parkir model paralel. Namun kini teknologi tersebut sudah dikembangkan jadi lebih lengkap dan mampu parkir bersebelahan (perpendicular). Cara yang digunakan hampir mirip, hanya dibedakan pada perintah awal. KompasOtomotif langsung mencoba kelengkapan tersebut pada gelaran Innovations for Millions yang dihelat di Melbourne, Australia, (19-20 Agustus 2014). Model yang dipakai untuk tes adalah Fusion versi setir kiri.

Untuk melakukan parkir paralel tombol aktivasi di konsol hanya ditekan satu kali. Namun untuk perpendicular, sebelum mencari lokasi parkir yang pas, tombol dipencet dua kali. Setelah itu, lepaskan genggaman dari lingkar kemudi, dan ikuti arahan dari komputer yang tertera pada monitor di tengah dasbor. Tugas pengemudi hanya menekan pedal gas dan rem saja.

Penentuan lokasi parkir ditentukan dari aktivasi sein. Jika mencari lokasi di sebelah kanan, tinggal mengaktifkan sein kanan, begitu pula sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com