Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Tangan Rossi di Yamaha R15

Kompas.com - 19/08/2014, 13:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - Sebagai sumber inspirasi buat pemilik YZF-R15, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membuat kreasi khusus sepeda motor sport kelas 150cc itu, dengan livery khas Valentino Rossi plus tambahan berbagai aksesori resmi.

Sosoknya pernah melantai di Jakarta Fair 2014 lalu, namun kini ditampilkan kembali di gelaran Indonesia Technician Grand Prix yang diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Selasa (19/8/2014). Eko Prabowo GM Promosi dan Pengembangan Komunitas YIMM mengatakan, unit satu-satunya ini hanya menjadi model pajangan, tidak untuk dijual.

Meski begitu, sebagian besar aplikasi yang ada di tubuhnya bisa ditiru. Berbagai aksesori seperti, cover single seater, tank cap, fuel cap, LED position lamp, cover tandem braket set, dan engine guard, bisa didapatkan di seluruh dealer flagship R Shop.

Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Yamaha R15 Livery Valentino Rossi
Tidak hanya aksesori, Muhamad Andarsyah Product Development YIMM menjelaskan, tema cat warna khusus Valentino Rossi dikerjakan Cargloss. "Bila pemilik ingin tampilan seperti ini bisa dibicarakan dengan R Shop. Livery-nya agak sulit ditiru," katanya.

Andarsyah punya alasan logis, di bagian tangki bahan bakar terdapat tanda tangan asli Valentino Rossi. Proses mendapatkannya pun cukup sulit, tangki bahan bakar dikirim ke Jepang untuk mendapatkan persetujuan prinsipal di Jepang. "Kalau yang ini tidak bisa dikomersialkan," jelasnya lagi.

Tapi jangan khawatir, versi stiker sedang dikembangkan. Menurut Andarsyah, jika telah disetujui, livery yang sama bisa didapatkan sebagai produk aksesori. Selain itu, masih ada lagi produk performa, yakni Sakura muffler dan power pack ECU tuner dari Daytona. Kedua merek tersebut rekanan langsung YIMM untuk R15.

"Tujuannya memang untuk eksibisi di Jakarta Fair 2014. Pemasangan tidak sulit, kebanyakan add-on kecuali untuk performa. Semua dikerjakan tiga pekan, agak lama karena harus mix and match grafisnya," tutup Andarsyah.

Daftar aksesori resmi Yamaha YZF-R15:
1. Cover single seater - Rp 380.000
2. Tank cap - Rp 100.000
3. Fuel cap - Rp 100.000
4. Cover tandem bracket - Rp 165.000
5. Engine guard - Rp 370.000
6. LED position lamp - Rp 90.000
7. Rear paddock stand Rp 420.000
8. Sakura muffler Rp 1.999.000
9. Power pack ECU Tuner - Rp 1.500.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com