Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Serius Garap Segmen SUV

Kompas.com - 19/08/2014, 07:45 WIB
Melbourne, KompasOtomotif - Ford tengah mempersiapkan senjata-senjata terbaru untuk menguatkan segmen SUV, agar bisa berbicara lantang di perhelatan otomotif global. Langkah tersebut didasari oleh berkembangnya pasar SUV pada 2013 lalu yang mencapai 13 persen, dan diprediksi akan terus meningkat tahun ini dan masa mendatang.

Guna mendapatkan model global yang kompetitif, maka Ford mencoba lebih mendekat kepada konsumen melalui survei, dengan tambahan konsumen di kawasan Asia Pasifik, untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari konsumen akan sebuah SUV. Hasil tersebut merupakan "ramuan" apik untuk menghadirkan produk yang kuat, fleksibel, pintar, dinamis, mampu berinteraksi dengan kondisi off-road namun memiliki kenyaman layaknya mobil perkotaan.

"Saat kami melihat pasar, di sana ada kesempatan untuk memberikan pelayanan kepada konsumen yang membutuhkan karakter sejati sebuah SUV yang bisa beradaptasi di jalan mulus maupun off-road," beber Jim Holland, Engineering Director Ford Asia Pacific, melalui keterangan resmi Selasa (19/8/2014).

Everest Concept
Berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen tersebut, maka para desainer di Ford Asia Pacific Design Center, yang terletak di Melbourne, Australia, menghadirkan Everest Concept. Model tersebut sempat mejeng pada pameran di Bangkok dan dan Beijing beberapa bulan lalu.

Selain memiliki bahasa desain baru yang lebih segar, gagah dan dinamis, beberap teknologi juga ikut disematkan. Melalui terobosan computer-aided engineering (CAE), maka beberapa aspek-aspek kunci tersebut bisa diwujudkan. Termasuk hubungan antara manusia dengan mesin yang lebih harmonis.

Melalui laboratorium Ford immersive Virtual Environment (FiVE), yang merupakan fasilitas visualisasi yang canggih, memungkinkan pada desainer dan teknisi memiliki ruang gerak lebih leluasa. Sehingga mampu menghasilkan produk yang siap tempur.

"Pada dekade terakhir, dengan menggunakan CAE maka proses pengembangan berjalan lebih cepat. Mulai dari pembuatan prototipe hingga mendekati produk massal," kata Ian Foston, SUV Chief Program Engineer Ford Asia Pacific.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com