Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Bahan Bakar Moge dari Minyak Babi

Kompas.com - 18/08/2014, 15:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Motorcycle
San Diego, KompasOtomotif - Bagi kalangan non-Muslim, tentu biasa atau setidaknya pernah mengonsumsi daging babi tipis (bacon) goreng untuk sarapan. Minyak bekas menggoreng bacon ini biasanya disisihkan di satu wadah dan kerap berakhir di tempat sampah. Ternyata, sisa minyak olahan itu bisa dijadikan sumber bahan bakar minyak alternatif, ethanol.

Perusahaan pengolah daging, Hormel's Black Label Bacon, melihat kesempatan itu dan membuat sepeda motor khusus. Dikategorikan khusus karena menggunakan minyak sisa gorengan bacon sebagai bahan bakar alternatif. Mereka menyebutnya dengan "Sepeda Motor Bertenaga Minyak Babi".

Untuk membuktikan kualitas dari bahan bakar nabati tersebut, dilakukan touring khusus dari kantor perusahaan di Minneapolis menuju San Diego, California. Perjalanan berlangsung dalam beberapa hari dan bertepatan dengan ajang tahunan, San Siego Bacon Week atau festival pencinta bacon, 24-30 Agustus 2014.

Moge khusus
Salah satu yang menarik, adalah sepeda motor bermesin besar (moge) yang disiapkan khusus untuk ajang promosi ini. Para tim memutuskan untuk menggunakan Track T-800 CDI bertenaga mesin diesel dari produsen Dutch EVA. Sepeda motor ini menggendong mesin yang dikembangkan khusus untuk sepeda motor oleh Mercedes-Benz.

Mulai diproduksi 2009 hingga akhir 2012, akhirnya dihentikan karena tidak terlalu berhasil dipasar. Kabarnya, hanya ada 20 unit sepeda motor yang berhasil terjual selama masa produksi.

Sepeda motor diesel sengaja dipilih, karena memang mesin solar ini memang sudah terbukti mampu mengonsumsi ethanol dalam jumlah terbatas dan justru punya pengaruh positif. Moge ini punya rata-rata konsumsi bahan bakar 42,5 kpl, dengan kemampuan akselerasi 0-100 kpj dalam detik detik.

Sepeda motor itu sudah tiba di San Diego sejak tiga hari lalu, (15/8/2014) dan sudah bisa dikunjungi agar bisa dilihat langsung oleh masyarakat, menjelang festival tahunan di akhir bulan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorcycle
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com