Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive Honda Mobilio RS

Mendalami "Kemolekan" Eksterior Mobilio RS

Kompas.com - 17/08/2014, 17:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Surabaya, KompasOtomotif – Honda Mobilio RS datang dengan penampilan jauh lebih sporty, apalagi jika dibanding dengan versi Prestige. Penambahan beberapa aksesori cukup mendongkrak penampilan hingga semakin tampil catchy. Namun PT Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan, aneka penambahan itu bukan sekadar kosmetik, ada filosofi dan maksudnya.

Desain eksterior menggunakan konsep dual solid motion, mengutamakan perpaduan garis bodi dinamis. Di bagian depan dilengkapi gril mewah yang penuh krom. ”Orang Indonesia mengidentikkan kemewahan dengan aksesori yang bernuansa krom. Kami mengikuti tren itu,” kata Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, (14/8/2014), di Surabaya.

Tak cuma krom, desain juga berubah lebih banyak detail. Mulai bagian depan, menjalar ke samping, bahkan sampai bemper belakang. Ada spoiler di belakang (atas kaca) yang dipercaya menambah unsur aerodinamika. Semakin lengkap ketika atap diberi moulding, semacam garis memanjang yang berkesan seperti roof rail.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Lampu-lampu pada Honda Mobilio RS membuatnya semakin fungsional dan stylish.

Lampu-lampu
Demi memberikan penerangan ekstra, lampu depan mengadopsi teknologi projector. Untuk lampu kota/ senja menggunakan LED dengan garis yang mengikuti desain lampu. Selain trendi, lampu proyektor ini jauh lebih terang, tapi untuk pengguna mobil di depan tidak menyilaukan.

Lampu belakang sama dengan varian lain, tidak ada yang berubah. Hanya terdapat reflektor di bagian bemper yang menambah keamanan agar semakin terlihat di kegelapan. LED (high mount stop lamp) pada spoiler belakang juga mendukung visibilitas mobil di malam hari.

Desain pelek alloy 15 inci kombinasi hitam krom membuat semakin sporty. Jonfis menjelaskan, tidak ada maksud tertentu dari desain pelek yang mirip seperti bilah pada kipas tersebut, hanya lebih ke bahasa desain yang membuat kesan lebih galak.

Seluruh kaca menggunakan green glass yang memberikan kenyamanan lebih pada saat berkendara di siang hari. Diklaim, spesifikasi kaca ini dapat menolak sinar ultaviolet dan mengurangi panas sinar matahari yang masuk ke kabin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com