Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Makin Agresif di Brasil

Kompas.com - 15/08/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Brasilia, KompasOtomotif - General Motors Company (GM) mengaku siap menanamkan modal usaha 6,5 miliar reais (Rp 33,5 triliun) dalam lima tahun ke depan. Informasi ini disampaikan langsung Mary Barra, Chief Executive Officer GM, pasca pertemuan dengan Presiden Brasil Dilma Rousseff, di Brasilia, Brasil, seperti dilansir Automotive News (14/8/2014).

Komitmen investasi ini untuk memproduksi model baru, teknologi, sekaligus merawat fasilitas perakitan yang sudah beroperasi. Barra mengaku, kondisi perekonomian akan menghadapi tantangan dalam jangka menengah, tetapi GM tetap menunjukkan komitmen penuh di Negeri Samba, sebagai salah satu pasar kunci di dunia.

Industri otomotif di Brasil sedang menghadapi cobaan seiring dengan penurunan kinerja ekonomi negara. Produksi mobil Januari-Juli 2014 tercatat turun 16 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

GM dan serikat buruh pekerja metal di Sao Paulo saat ini tengah berselisih, menyangkut rencana perusahaan merumahkan sementara pekerjanya. Serikat pekerja menyatakan, rencana ini mengancam keberlangsungan pekerjaan sekitar 1.000 orang. Mereka juga berharap bisa memegang janji GM untuk meningkatkan investasi di pabrik Sao Jose dos Campos.

Insentif
Pada kesempatan yang sama, Barra juga menyampaikan terima kasih pada Rousseff terhadap insentif yang diberikan Pemerintah Brasil. Selain itu, kondisi kinerja kredit negara juga mulai membaik.

Meskipun ada insentif pajak, sejumlah pabrikan otomotif global tengah menghitung ulang bisnisnya di Brasil. Pelemahan pasar membuat sejumlah merek mengurangi ongkos produksinya seiring penurunan pasar.

VW misalnya, baru saja merumahkan 900 orang pekerjanya mulai Mei. Sedangkan PSA Peugeot Citroen menggulirkan program pensiun dini bagi pekerja di Rio de Janeiro, pada bulan yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com