Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengemudikan Nissan GT-R, Tunanetra Ini Cetak Rekor Baru

Kompas.com - 15/08/2014, 08:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Yorkshire, KompasOtomotif — Pebalap tunanetra, Mike Newman, mampu menembus kecepatan lebih dari 321,8 kpj dengan membesut Nissan GT-R. Ini adalah catatan tercepat yang didapat oleh pengemudi tanpa indera penglihatan.

Newman tercatat sebagai pemegang rekor pengendara tunanetra tercepat di dunia. Kali ini, dia memecahkan rekor sendiri yang dicetak pada 2013 lalu, dengan angka tertinggi 300 kpj. Aksi Newman dilakukan di landasan lapangan terbang Yorkshire Elvington, Inggris.

Hebatnya, Newman melakukan aksi ini seorang diri di dalam GT-R. Namun, dia masih mendapat bimbingan dari radio, termasuk kondisi angin dan cuaca. Newman dibantu oleh ayah tirinya, yang juga menyediakan Nissan GT-R buat mencetak rekor ini.

Tim Newman ini tercatat pernah bekerja dengan Porsche, Noble, dan BMW saat melakukan aksi sebelumnya. Sekarang mereka bekerja sama dengan tuner Nissan, Litchfield, untuk memodifikasi dua unit GT-R demi memuluskan rencana ini.

1.200 tenaga kuda

Hasilnya, mobil dengan nama lain Godzila itu memliki daya 1.200 tenaga kuda, hasil dari mesin V6 turbo ganda. Ubahan dilakukan untuk membantu Newman mendapatkan top speed sesuai target. Setelah mencapai angka 300 kpj, set rem karbon-keramik bertugas mengurangi laju mobil. Ubahan lain yang diberikan adalah panel bodi dengan bahan serat karbon dan roll-bar.

"Litchfield mengubah GT-R agar mampu memberikan kecepatan, akselerasi, stabilitas, dan keandalan yang dibutuhkan untuk catatan ini. Hasilnya menakjubkan dan tim pantas berpesta untuk merayakannya," jelas Newman seperti dilansir evo.co.uk, Jumat (15/8/2014).

Newman bekerja dengan yayasan amal Speed of Sight, yang bertujuan untuk membantu orang-orang dengan masalah penglihatan untuk terlibat dengan dunia balap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com