Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Millennial Beli Mobil Via Ponsel Pintar

Kompas.com - 13/08/2014, 09:15 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - Generasi Millennial identik dengan ketergantungan pada internet dalam kehidupan sehari-hari. Mereka bahkan membeli mobil via online dan menggunakan dunia maya lewat ponsel pintar untuk mencari tahu model-model mobil baru, semudah dalam genggaman.

Menurut riset AutoTrader.com (ATG) yang dilakukan IHS Automotive, menyimpulkan 95 persen pembeli muda menggunakan internet untuk membeli mobil baru. Sekitar setengah dari mereka menggunakan ponsel pintar, naik 34 persen dari 2013. Jumlah ini, setara dengan 28 persen dari total pembeli mobil baru.

"Sangat vital bagi dealer untuk memiliki layanan via online, jika mereka mau mendorong konsumen beli produknya," tukas Isabelle Helms, Wakil Presiden bidang Intelejen Riset dan Pasar ATC, dilansir Bloomberg (12/8/2014). Millennial, merupakan julukan generasi baru bagi mereka yang lahir sejak 1982 sampai awal 2000-an.

Internet
Kemampuan internet yang menembus batas memungkinkan konsumen melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak. Mulai sekedar beli tiket pesawat, check-in di Hotel, melakukan reservasi di restoran, dan lain sebagainya.  Hasil penelitian juga menyimpulkan, sekitar 35 persen konsumen muda menganggap ketersedian situs versi ringkas (mobile) merek-merek ternama masih minim.

Sedangkan, 59 persen dari mereka mengaku belum terkesan dan merasa bosan ketika mengunjungi situs-situs versi mobile. "Dengan terus tumbuhnya situs mobile, dibutuhkan bukan cuma platform baru, tetapi situs itu wajib lebih mudah digunakan konsumen," beber Helms.

Sekitar 78 persen millennial menggunakan komputer rumah (PC) ketika membeli mobil baru, jumlah ini mendekati total pembeli baru yang mencapai 88 persen. Diprediksi, 80 persen konsumen menggunakan berbagai alat untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya di internet pada 2020 mendatang, naik 44 persen dari millennial di 2014 dan 32 persen dari total pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com