Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ninja ZX-10R Bidik Rekor Kecepatan

Kompas.com - 09/08/2014, 15:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Utah, KompasOtomotif - Cathy Butler, sarjana Fashion Design asal California, sudah tak asing dengan daratan berlapis garam di Utah, yang dikenal dengan sebutan Bonneville Salt Flats. Dari sana ia sudah punya banyak gelar, tapi ada satu yang masih ingin dicapai, yakni rekor kecepatan darat dengan Kawasaki Ninja ZX-10R.

Kali ini bertujuan merayakan ulang tahun ke-30 Kawasaki. Butler akan mencoba memecahkan rekor tersebut di Bonneville Speed Week yang digelar 9 – 15 Agustus 2014.

Terdaftar atas nama spesialis konverter katalisis, ACAT Global. ZX-10R masuk di kelas Production – Production 1000 (P-P 1000) untuk sepeda motor 1.000 cc. Sasis dan mesin tak boleh diganti, tapi elemen lain dimodifikasi oleh Erion Racing.

“Peraturan mendikte setiap bagian sepeda motor yang bisa terlihat harus stock. Kita bisa mencopot spion dan sein, juga footstep belakang, asalkan tidak mengubah knalpot. Sebab itu kelas ini sangat atraktif buat pabrikan. Karena sepeda motor yang bisa memecahkan rekor terlihat seperti unit yang bisa dibeli. Kami diizinkan mengubah internal suspensi dan mesin, jadi secara basis sepeda motor mendekati versi stock tapi harus menggunakan ban Pirelli World Superbike yang dimandatkan regulasi,” jelas Presiden Erion Racing, Kevin Erion, seperti diterangkan Motorcycle, Jumat (8/8/2014).

Rekor terakhir P-P 1000 dicapai 319 kpj pada 2012, Erion Racing, ACAT Global, dan Butler yakin bisa menembus target setelah beberapa kali uji coba di California.

“Kami memilih Ninja ZX-10R karena memberikan keuntungan untuk melewati rekor. Berdasarkan elektronik Ninja, aerodinamis, dan tenaga stock, adalah paket sempurna untuk rekor kelas produksi,” tutup Erion.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com