Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GM Lebih Fokus pada Mobil Diesel

Kompas.com - 07/08/2014, 15:44 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Michigan, KompasOtomotif - General Motors mengaku sudah menyiapkan produk baru, dengan mesin diesel untuk pasar Amerika Serikat (AS), dalam beberapa tahun ke depan. Strategi ini disampaikan Steve Kiefer, Wakil Presiden divisi Sistem Penggerak GM di ajang Management Briefing Seminars di Michigan, Detroit, awal pekan ini.

Steve mengatakan, pasar kendaraan bermesin diesel diprediksi akan naik 10 persen di AS sampai 2020. Sampai saat ini, GM hanya punya satu mobil penumpang bermesin diesel, yakni Chevrolet Cruze dan penjualannya cukup memuaskan perusahaan.

Model lain yang ditawarkan dalam varian diesel, adalah Duramax V-8 dari Chevrolet dan GMC bermodel pikap.

GM sudah menyiapkan mesin diesel baru untuk beberapa model 2016, yakni 2.8 liter 4-silinder. Jantung pacu ini sudah digunakan pada pikap Chevrolet, Colorado dan GMC Canyon. "Tapi, masih banyak lagi akan menyusul. Cruze diesel hanya satu dari daftar panjang model kendaraan penumpang yang disiapkan untuk AS," tukas Kiefer, dilansir Automotive News (6/8/2014).

Torsi
Sayang Keifer masih belum mau menyebutkan secara spesifik model apa yang disiapkan GM untuk ditawarkan dengan mesin diesel. Tapi, ia memastikan varian diesel pada mobil penumpang akan menawarkan torsi lebih besar ketimbang buaian tenaga.

Torsi, dianggap GM lebih penting dalam hal performa mobil di masa depan. Tenaga yang dihasilkan satu mesin mengacu pada kecepatan maksimal sementara torsi mencerminkan akselerasi dan kemampuan menopang bobot lebih berat.

"Kami akan terus memperkenalkan lebih banyak model diesel seiring dengan penerimaan pasar," tutup Keifer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com