Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daimler Rangkul Aston Martin Lebih Erat

Kompas.com - 05/08/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif - Sedikit demi sedikit Daimler merangkul mobil sport mewah Aston Martin lebih erat. Grup otomotif asal Jerman itu diganjar tambahan kepemilikan saham 1 persen dari perjanjian baru. Divisi performa Mercedes-Benz AMG dapat tugas ekstra, yakni menyuplai komponen elektrik buat Aston Martin.

Keputusan yang ditandatangani 31 Juli lalu itu melanjutkan kontrak kerja sama keduanya sejak 2013 untuk mengembangkan mesin V8 di model baru Aston Martin. Automotive News, Senin (4/7/2014), mengatakan mesin baru melibatkan AMG dan model baru segera dipasarkan pada 2017.

Hendrik Sackmann, juru bicara Aston Martin mengatakan sekarang total saham Daimler menjadi 5 persen.

Grup otomotif
Aston Martin adalah salah satu dari berbagai merek super mewah yang tidak dimiliki grup raksasa otomotif manapun. Tapi dengan berusaha sendiri, justru membuat sulit mengembangkan teknologi sebagai modal bertarung bersama rival seperti Maserati milik Fiat atau Bentley kepunyaan Volkswagen. 

Aston Martin hanya menjual sekitar 4.200 unit pada 2013. Kehadiran model baru menjadi harapan lebih banyak unit yang bisa tersebar ke seluruh dunia. 

Sebagian besar kepemilikan dimiliki oleh investor asal Kuwait, Investment Dar Co dan Adeem Investment Co. Keduanya membeli Aston Martin sejak 2007 dari Ford Motor Co. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com