Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fiat “Angkat kaki” dari Italia Setelah 115 Tahun

Kompas.com - 02/08/2014, 10:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Milan, KompasOtomotif – Sebagai pabrikan terbesar sekaligus simbol globalisasi Italia, Fiat SpA, terpaksa angkat kaki dari tanah kelahiran setelah berdiri selama 115 tahun.

Keluarga pengontrol, Agnelli, dan berbagai investor telah bertemu Jumat (1/8/2014), untuk memastikan Fiat tidak lagi milik Italia. Keputusan ini diambil setelah Sergio Marchionne berhasil menyatukan Fiat dengan pabrikan AS, Chrysler.

Marchionne didaulat menjadi CEO perusahaan hasil kongsi, Fiat Chrysler Automobiles NV (FCA). Markas baru ditempatkan di London, Inggris, seluruh operasi di bawah legal Belanda, dan terdaftar di New York Stock Exchange.

“Kelahiran FCA akan mengakhiri hidup genting Fiat. Untuk pertama kalinya, kami punya perspektif berbeda. Kami tak perlu lagi ‘bermain’ untuk selamat,” ucap Chairman Fiat John Elkann, yang merupakan cucu dari pendiri Fiat, Gianni Agnelli.

Fiat dengan nama asli Fabbrica Italiana Automobili Torino, kini tak lagi bisa membawa rasa nasionalisme tunggal. Meski pernah hampir bangkrut, mereka selalu bangga sebagai warisan kota Turin dan merek Italia tersohor.

Bersama Chrysler, tentu perlu objektif baru. Target FCA mampu berbicara banyak di kompetisi “kelas berat” dengan pesaing seperti General Motors Co., Volkswagen Group, dan Toyota Motor Corp. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com