Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pendatang Baru MotoGP Musim 2017

Kompas.com - 01/08/2014, 11:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Mattighofen, KompasOtomotif – Setelah Suzuki dan Aprilia mengumumkan keikutsertaan di MotoGP, kini KTM-Sportmotorcycle AG juga berencana melakukan hal serupa. Merek asal Austria itu punya kuda pacu baru khusus “melibas” aspal trek MotoGP, yang disebut RC16. Versi prototipe akan diperkenalkan pada 2015, setelah itu uji coba dan pengembangan akan terus berlangsung sepanjang 2016. Bila semua berjalan sesuai rencana, RC16 siap menjadi kontestan di musim 2017.

Informasi ini dibeberkan CEO KTM Stefan Pierer kepada media Swiss, speedweek.com, Kamis (31/7/2014). “Saat 2016 dengan peraturan baru pada ECU, efektif bila Suzuki dan Aprilia kembali. KTM akan balapan di kelas utama,” ungkap Pierer yang juga menyatakan KTM akan masuk bukan sebagai tim factory.

Ia juga mengungkapkan, RC16 adalah penerus superbike 1.148 cc, RC8, yang sudah termakan usia. Dilengkapi berbagai “senjata” mematikan, mesin V-4 1.000 cc, rangka tubular seperti unit Moto3, dan suspensi mirip sepeda motor KTM di kelas Moto2. Semua spesifikasi dibuat hanya untuk dipacu di trek.

Fokus produksi tertuju untuk tim MotoGP, namun ternyata RC16 juga tersedia buat konsumen kompeten. Pierer mengatakan 100 unit tersedia sepanjang tahun, tapi setiap unit dilego tidak murah, berkisar 200.000 – 267.000 dollar AS (Rp 2,3 – 3 miliar). Beberapa detail spesifikasi diindikasikan berbeda dengan versi MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com