Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Jepang Rasakan Sensasi Sedan "Fuel Cell" Toyota

Kompas.com - 01/08/2014, 11:15 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, meluangkan waktu untuk merasakan sensasi di balik kemudi, sedan fuel cell (hridogen) Toyota. Ini adalah bagian dari rencana Pemerintah Jepang, untuk memberikan intensif buat mobil hidrogen.

Toyota adalah salah satu produsen yang sudah siap dengan mobil hidrogennya. Model yang dimiliki adalah sedan FCV (Fuel Cell Vehicle), dan siap dipasarkan di Jepang.  Pemerintah Jepang mendukung penuh pengembangan mobil hidrogen ini sebagai bagian dari sumber daya alternatif selain minyak bumi.

Seperti video yang dirilis Autoevolution, Jumat (1/8/2014), Shinzo Abe terlihat terkesan dengan performa FCV. Abe juga salut dengan teknologi tanpa emisi yang dihasilkan oleh sedan fuel cell ini.

Insentif Rp 231,6 Juta
Direncanakan Jepang akan memberikan insentif kepada konsumen yang membeli kendaraan hidrogen ini mulai tahun depan. Sebagai contoh, pembeli Toyota FCV akan mendapatkan potongan harga sebesar 2.035.900 Yen (20.000 dollar AS) atau setara dengan Rp 231,6 juta.

Sebelumnya, Toyota sudah mengumumkan akan menjual sedan FCV ini dengan banderol 7 juta Yen atau setara dengan Rp 828,3 juta (tidak termasuk pajak). Bila sudah mendapatkan insentif, maka konsumen bisa membawa pulang hanya dengan banderol Rp 596,7 juta.

Menteri Ekonomi Perdagangan dan Industri Jepang Toshimitsu Motegi, juga sudah melakukan pengujian saat mengunjungi markas besar Toyota. Motegi memuji FCV dan menyebutnya sebagai kendaraan luar biasa. "Ini akan membantu industri otomotif untuk beralih dari bensin ke hidrogen," jelas Motegi.

Selain itu, FCV juga akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat pada pertengahan 2015 mendatang. FCV bisa melaju sejauh 483 km, dan mengisi ulang hidrogen hanya dalam lima menit.

Video PM Jepang uji Toyota FCV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com