Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skor Sementara Penjualan Mobil Januari-Juni 2014

Kompas.com - 31/07/2014, 16:59 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Perusahaan raksasa otomotif global terus bersaing ketat menjual mobil baru sepanjang 2014. Ibarat klub sepak bola di klasemen, kejar-kejaran prestasi tak pernah berhenti, periode Januari hingga Juni 2014, skor tertinggi sementara masih dipegang juara “musim lalu”, Toyota.

Toyota mencatat total penjualan hingga 5,1 juta unit. Kekuatan terbesar datang dari pasar AS, tekanan pemasaran kini fokus segmen crossover dan SUV, sementara sedan dijaga agar tetap bergairah.

Namun Toyota perlu hati-hati, Volkswagen (VW) terus menguntit dengan target serupa. Berada di posisi kedua, VW hanya terpaut tipis, 5,07 juta unit dalam periode yang sama. Kedudukan baru VW menggeser General Motors (GM) yang “hanya” mencapai total 4,92 juta unit.

Dijelaskan Autoguide, Rabu (30/7/2014), popularitas VW sangat tinggi di China dibanding merek lain, “menenggelamkan” Toyota yang bisa dikategorikan “pemain baru”. Tapi VW perlu mengakui sementara ini masih kalah dengan Toyota di pasar AS.

Salah satu peran kunci dipegang oleh crossover tiga baris, namun model baru VW baru akan lahir dalam beberapa tahun lagi. Di AS, perbandingan penjualan crossover Toyota dan Lexus dengan VW dan Audi, tujuh berbanding satu.

Meski demikian, banyak analis otomotif mengungkapkan VW segera mengambil alih posisi Toyota sebagai pabrikan terbesar di seluruh dunia pada 2014. Prestasi ini maju empat tahun dari target yang pernah diungkapkan sebelumnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com