Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Siapkan Pesaing Pajero Sport dan Fortuner

Kompas.com - 31/07/2014, 10:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Chiang Mai, KompasOtomotif - Desain baru dengan banyak cita rasa SUV pada pikap All-New NP300 Navara seakan menegaskan Nissan ingin masuk ke dua kelas, mobil komersial dan penumpang dalam satu model. Versi pikap telah meluncur, lantas pertanyaan selanjutnya apakah mungkin Navara punya varian SUV dari platform yang sama sebagai pesaing Mitsubishi Pajero, Toyota Fortuner, dan Ford Everest?

Salah satu indikasi terbesar hal tersebut mencuat, Nissan memutuskan menggunakan suspensi belakang tipe 5-link pada Navara buat pasar global, di luar Thailand yang tetap memakai suspensi daun. Kepala insinyur pengembangan Navara terbaru, Takashi Fukui, mengonfirmasi rumor tersebut. Dijelaskan, kini ia dan tim desain sedang mengerjakan model SUV.

Dilansir The Motor Report, Selasa (29/7/2014), Fukui menjelaskan, versi SUV akan muncul pada 2015. Ekspansi bentuk bodi bisa didapat dari pengembangan platform baru. Hal ini menambah informasi, setelah salah satu sumber Nissan Motor Co Ltd mengatakan kepada KompasOtomotif, pekan lalu,  bahwa versi pikap single cabin Navara untuk kendaraan fleet segera lahir menyusul varian double cabin dan extended cabin.

Lalu bagaimana rupa “SUV Navara”? Situs spesialis rekayasa digital desain mobil, theophiluschin.com, sudah pernah menerka rancang bangun, seperti tertera pada foto. Terlihat seperti SUV dengan tambahan body dari pilar B ke C, menggantikan peran bak.

Keputusan ini membuat Nissan berada di jalur mengikuti perkembangan merek lain seperti Toyota dengan pikap Hilux yang berbagi satu platform dengan Fortuner atau Ford Ranger dengan Everest.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com