Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kembangkan Teknologi Otonomos Sendiri

Kompas.com - 30/07/2014, 11:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Beijing, KompasOtomotif — Perusahaan mesin pencari di internet asal China, Baidu, ternyata diam-diam juga mengembangkan mobil berteknologi otonomos dan menjadi pesaing ide besar Google asal AS. Bahkan, Ecns.cn, pekan lalu mengungkapkan, unit pertama akan melewati serangkaian uji coba pada akhir 2014.

Sistem kendali menggunakan radar, laser, kamera, dan GPS, mirip kebanyakan teknologi yang digunakan otonomos kreasi manufaktur lain. Mengandalkan perangkat pintar dan sistem sensor, mobil diharapkan bisa menganalisis marka jalan, memahami perintah suara, dan mengambil keputusan dari kondisi jalan.

Terdapat berbagai perangkat lunak canggih untuk mengunggah dan mengolah data, kemudian secara otomatis menentukan arah dan kecepatan.

Baidu merupakan situs kelima yang paling banyak dikunjungi setelah Google, Facebook, YouTube, dan Yahoo. Posisinya berada di atas Wikipedia, Twitter, dan Amazon. Maka, tidak heran bila Baidu mengambil keputusan ingin melangkah lebih cepat di dunia teknologi otomotif.

Di China, berbagai institusi dan perusahan modern sudah mengatakan sedang mengembangkan teknologi otonomos. Namun, hanya Badui yang paling agresif.

Awal Juli ini, Baidu mengonfirmasi tengah mengerjakan teknologi semacam otonomos untuk sepeda. Namun, hingga saat ini mereka menolak memberikan informasi seputar teknologi pada kendaraan bermotor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com