Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Gampang Bersihkan Jok Kulit

Kompas.com - 30/07/2014, 11:01 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Seusai melakukan perjalanan panjang seperti mudik, jok menjadi bagian yang mudah kotor terkena noda akibat tumpahan makanan atau minuman. Tetapi tenang, ada cara mudah membersihkan jok mobil berlapis kulit yang sudah telanjur terkena noda.

Membersihkan jok kulit terbilang cukup mudah dibandingkan jok beludru. Seperti dijelaskan Abdurrahman, Manajer Car Cling, di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, membersihkan jok kulit tidak memerlukan waktu lama.

"Modalnya, cukup cari obat pembersih yang bisa menghilangkan semua bentuk noda. Kecuali noda tinta, yang sulit dihilangkan. Jok lapis kulit tidak perlu dikeringkan berjam-jam seperti jok beludru," jelas Abdurrahman, beberapa waktu lalu.

KompasOtomotif Semprotkan obat pembersih ke bagian yang kotor
Berikut langkah membersihkan jok kulit:
1. Persiapkan beberapa alat, seperti plas chamois, lap kering, sikat, dan penyedot debu (jika ada). Lalu, obat penghilang noda dan pembersih bisa didapat di toko aksesori ataupun supermarket.

2. Bersihkan semua bagian jok dari kotoran dan debu. Untuk membersihkan bagian yang sulit terjangkau tangan, bisa menggunakan penyedot debu. Setelah itu, usap sampai bersih jok dengan plas chamois yang sudah diperas secukupnya.

3. Semprotkan obat ke area yang akan dibersihkan dan lakukan pembagian untuk menghindari keringnya obat pembersih. Ingat, jangan sampai obat mengering. Bila kering maka obat tersebut tidak bisa digunakan.

4. Sikat permukaan yang sudah disemprot obat dan lakukan searah untuk menghindari kotoran kembali. Untuk noda membandel, lakukan penyikatan berkali-kali. Tetapi, tidak perlu ditekan dengan kuat untuk menghindari permukaan kulit menipis.

5. Setelah disikat, langsung cepat diusap dengan lap (jangan sampai obat mengering) untuk memudahkan proses pembersihan. Lakukan usapan dengan searah, dan dapatkan jok kulit mobil Anda kembali bersih.

KompasOtomotif Sikat bagian yang sudah disemprot, namun jangan terlalu ditekan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com