Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jitu Bersihkan Jok Beludru

Kompas.com - 29/07/2014, 13:30 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Membersihkan jok beludru dari noda atau kotoran membutuhkan cara yang berbeda dengan jok kulit. Biasanya, jok beludru mudah kotor usai melakukan perjalanan panjang seperti mudik. Ini tipsnya untuk membuat jok beludru kembali kinclong.

Dijelaskan Abdurrahman, Manajer Car Cling di Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, merawat dan membersihkan jok beludru memang cukup sulit dan harus ekstra hati-hati. Tapi, bukan berarti jok jenis ini tidak bisa dibersihkan.

KompasOtomotif Gunakan pembersih model semprot untuk menghilangkan noda
Sediakan alat-alat pendukung seperti sikat, lap bersih, cairan penghilang noda atau pembersih beludru yang bisa dibeli di supermarket atau toko aksesoris mobil dan vacuum cleaner (penyedot debu).

Sedot kotoran atau debu di sela-sela dan permukaan jok dengan penyedot debu. Setelah itu semprotkan cairan pembersih berupa busa ke permukaan yang akan dibersihkan. Segera sikat bagian yang sudah disemprotkan dengan satu arah untuk menghindari kotoran kembali, dan lakukan secara parsial atau per bagian.

"Sebenarnya noda yang melekat bisa dihilangkan kecuali tinta, makanan dan minuman dengan bahan pengawet. Bekas tersebut sangat sulit untuk dibersihkan dan dibutuhkan pekerjaan ekstra keras untuk menghapusnya. Saya juga tidak menjamin seratus persen cairan yang dijual di pasaran memiliki kemampuan seperti milik kami," ujar Abdurrahman.

Setelah disikat, permukaan jok langsung diusap dengan lap bersih dan langsung dijemur saat matahari terik, hingga kering. Idealnya jok dilepas dan dijemur diterik matahari. Tapi bila repot melepas jok, bisa dengan membuka semua pintu mobil.

KompasOtomotif Langsung sikat permukaan yang sudah disemprot
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com