Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin Eksklusif Ayrton Senna

Kompas.com - 29/07/2014, 13:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Geneva, KompasOtomotif - Penghargaan diberikan kepada legenda F1 Ayrton Senna. Kali ini, ukiran wajah Senna tersemat pada koin perak pecahan 5 Euro dan hanya dicetak terbatas.

Pebalap asal Brasil tersebut berkarier di F1 selama 10 tahun. Senna mencatat 162 kali balapan, dengan 41 kemenangan dan mengumpulkan total 610 poin. Sayang, Senna harus kehilangan nyawa saat tampil di GP San Marino 1994.

Tragedi San Marino sudah 20 tahun berlalu, kini Senna kembali dikenang dalam bentuk koin perak yang bisa dimiliki oleh penggemar. Uang koin itu hanya diproduksi 8.000 keping, dan satu koin bisa ditebus dengan 50 Euro (Rp 777.564)

Koin Senna ini dibuat oleh desainer Marcio Petta dan Antonella Napolione, dan dirilis akhir pekan ini. Koin tersebut juga akan dijual bebas kepada fans Senna atau penikmat Formula 1, sebagai koleksi.

Sebelumnya, McLaren juga menyatakan bahwa mobil balap MP4/4 adalah persembahan khusus kepada Senna. MP4/4 adalah mobil balap F1 paling sukses yang pernah ada, dengan mencatat 15 kali kemenangan dalam 16 balapan. MP4/4 juga menjadi mobil yang mengantarkan Senna menjadi juara dunia pertama kali pada 1988.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com