Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Kodok Masa Depan Tanpa Suara dan Emisi

Kompas.com - 29/07/2014, 11:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Modifikator asal California, Amerika Serikat, David Bernardo, sangat bangga dengan Volkswagen Beetle (VW Kodok) miliknya yang semakin mudah dikendarai dan modern. Dia berinovasi dengan menginstal paket mesin listrik untuk menggantikan jantung pacu jadul. Tak ada lagi suara khas, yang ada hanya kesunyian dalam kecepatan.

Ya, David berhasil mengombinasikan mobil ikonis dengan teknologi masa depan. Dia menyebutnya Zelectric Beetle dan membuktikan bahwa mobil-mobil ikonis yang masih sangat digemari bisa mudah dirawat, tidak merepotkan, lebih kencang, bahkan ramah lingkungan.

New York Times Interior dipertahankan asli.

Secara teori memang cukup gampang. Tanggalkan mesin lama, dan mengganti dengan paket motor listrik. Tapi ternyata tidak sesederhana itu. Seperti dilansir New York Times (21/7/2014), David harus menyesuaikan segala sesuatunya agar mendukung performa baru.

Motor listrik
Langkah awal, VW Kodok lansiran 1958 itu dipasangi baterai lithium-ion dan motor listrik plus penggerak. Dengan begitu, mobil bisa melaju hingga 144 kpj. Jarak tempuhnya cukup jauh, mencapai 180 km dalam sekali pengisian baterai secara penuh.

David harus memodifikasi ruang mesin yang terletak di bagian belakang mobil agar fit dengan sumber tenaga baru. Tenaga yang lebih besar membuatnya harus mengubah peranti rem yang lebih mampu mencengkeram. Suspensi juga dibenahi untuk menahan bobot tambahan sebesar 136 kg.

Zelectric Beetle Mesin elektrik bisa diisi ulang walau kena hujan.

Yang menarik, diklaim sebagai yang pertama dalam mobil listrik, David berhasil mengombinasikan mesin baru dengan transmisi Beetle orisinal 4-percepatan. Peruntukannya bukan untuk memindah gigi, namun untuk menambah daya yang keluar dari motor listrik.

Tidak disebutkan biaya untuk proses pengonversian, namun diperkirakan lebih dari Rp 50 juta. Dengan muka jadul tapi sudah mengemban teknologi masa depan, tidak ada yang lebih baik untuk mengendarainya dengan perasaan bangga.

Berikut videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com