Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricciardo Juara, Hamilton "Mengamuk" di GP Hungaria

Kompas.com - 27/07/2014, 21:52 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber ESPNF1
Budapest, KompasOtomotif - Pebalap Red Bull-Renault, Daniel Ricciardo, memastikan diri sebagai juara GP Hungaria, di Hungaroring, Minggu (27/7/2014). Ini adalah kemenangan kedua Ricciardo di musim ini, setelah sebelumnya menjadi yang tercepat pada GP Kanada.

Finish di posisi kedua ada wakil Ferrari, Fernando Alonso yang harus berjuang keras mengamankan runner-up dari kejaran dua pebalap Mercedes AMG, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Catatan positif diberikan kepada Hamilton yang mampu finish di posisi ketiga. Padahal, pebalap asal Inggris tersebut memulai start dari pit di posisi 21. Hamilton mengungguli rekan setimnya, Rosberg, yang finish di posisi keempat.

Rosberg masih menjadi pimpinan klasemen sementara dengan mengumpullkan 202 poin. Sedangkan Hamilton di posisi kedua dengan raihan 191 poin. Ricciardo ada di posisi tiga dengan 131 poin, disusul Alonso (115), Bottas (95) dan Vettel (88)

ESPNF1 Daniel Ricciardo menang di GP Hungaria
Jalannya balapan
GP Hungaria ini berlangsung menarik dan dimulai dengan kondisi trek basah. Pada lap awal Rosberg sebagai pemegang pole positions, langsung memimpin di depan. Sebastian Vettel juga langsung menyodok, dan ada di belakang Rosberg. Sayang Vettel sedikit melebar, dan langsung dimanfaatkan oleh pebalap Williams-Mercedes, Valtteri Bottas, di lap pertama.

Hamilton yang tidak mendapat kesempatan melakukan lap pemanasan karena start dari pit, sempat kehilangan kontrol di tikungan kedua. Beruntung Hamilton masih bisa menguasai mobil dan kembali ke racing line.

Insiden tabrakan pertama terjadi di lap kesembilan. Pembalap Caterham-Renault Marcus Ericsson menabrak dinding pembatas, dan safety-car langsung mengambil alih jalannya balapan. Ini dimanfaatkan Ricciardo yang langsung masuk pit untuk mengganti ban.

Hanya berselang beberapa lap, safety car kembali ke lintasan, setelah pebalap Lotus-Renault Romain Grosjaen juga mengalami insiden yang sama seperti Ericsson. Pada lap 12, asap terlihat keluar dari mobil Rosberg karena mengalami masalah pada rem belakang. Di saluran radio terdengar Rosberg mengatakan kepada tim akan memaksakan kinerja rem.

Sergio Perez di bawah bendera Force India-Mercedes, kehilangan kendali mobil saat melibas tikungan terakhir di lap 23. Mobilnya hancur, dan Perez tidak bisa melanjutkan balapan. Safety car kembali keluar dari sarangnya untuk ketiga kalinya, buat memastikan kondisi trek aman pasca-insiden Perez ini.

Soft compound
Kondisi trek sempat mengering, tapi awan mendung menyelimuti Hungaroring. Hamilton tetap mempertahankan ban soft compound, untuk bisa mendekati pebalap di deretan depan. Perlahan tapi pasti, pebalap Inggris ini mulai menyalip satu demi satu, sampai melewati Alonso di posisi dua.

Memasuki 10 lap terakhir, balapan semakin berjalan seru. Alonso sebagai pemimpin balapan mulai diganggu oleh Hamilton menguntit di belakang dan Ricciardo di posisi ketiga. Tekanan demi tekanan dilancarkan Hamilton untuk mengambil posisi Alonso. Namun Ricciardo malah mengambil kesempatan tersebut dan berhasil menyusul Hamilton. Tak butuh waktu lama, Ricciardo pun kembali berhasil mengambil posisi Alonso dan bertahan hingga bendera finish dikibarkan.

Hasil balapan GP Hungaria
1. Daniel Ricciardo, Red Bull-Renault,70 lap (1:53m:05.058 detik)
2. Fernando Alonso, Ferrari-Ferrari, +00m 05.2s
3. Lewis Hamilton, Mercedes-Mercedes, +00m 05.8s
4. Nico Rosberg, Mercedes-Mercedes +00m 06.3s
5. Felipe Massa, Williams-Mercedes, +00m 29.7s
6. Kimi Raikkonen, Ferrari-Ferrari, +00m 31.3s
7. Sebastian Vettel, Red Bull-Renault, +00m 40.7s
8. Valtteri Bottas, Williams-Mercedes, +00m 41.0s
9. Jean-Eric Vergne, Toro Rosso-Renault, +00m 57.1s
10. Jenson Button, McLaren-Mercedes,    +01m 05.8s
11. Adrian Sutil, Sauber-Ferrari,+01m 06.3s
12. Kevin Magnussen, McLaren-Mercedes, +01m 16.5s
13. Pastor Maldonado, Lotus-Renault, +01m 21.7s
14. Daniil Kvyat, Toro Rosso-Renault, +1 lap
15. Jules Bianchi, Marussia-Ferrari +1 lap
16. Max Chilton, Marussia-Ferrari, +1 lap

Gagal finish
Esteban Gutierrez,Sauber-Ferrari 33 lap
Kamui Kobayashi, Caterham-Renault 25 lap
Sergio Perez,Force India-Mercedes, 23 lap
Nico Hulkenberg, Force India-Mercedes, 15 lap
Romain Grosjean, Lotus-Renault, 11 lap
Marcus Ericsson, Caterham-Renault, 8 lap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ESPNF1
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com