Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Diplot Jadi Basis Ekspor Transmisi Manual Honda

Kompas.com - 27/07/2014, 16:58 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif - Honda Motor Co. mengumumkan, India akan menjadi basis ekspor transmisi manual. Hal tersebut diungkapkan saat peluncuran Mobilio, pekan ini di India.

Pemegang merek, Honda Cars India, mengatakan struktur kapasitas produksi sedang digodok di fasilitas di Tapukara, Rajasthan, dan Greater Noida. Ekspansi strategi ini akan menguatkan daya saing, seiring semakin banyaknya manufaktur lain yang menjadikan India sebagai sumber ekspor utama untuk Amerika Latin dan Asia.

Fasilias di Rajasthan bertugas memproduksi transmisi manual dan komponen kecil lain yang akan didistribusikan ke luar India. Investasi senilai Rp 6,7 triliun telah digelontorkan membangun fasilitas kedua di Tapukara untuk meningkatkan kapasitas produksi mesin, axle, dan ragam komponen lain agar memenuhi strategi baru.

HMC memandang, pasar di India akan semakin melesat setelah peluncuran Honda Amaze dan City terbaru. Pada April-Juni 2014 tercatat peningkatan sebesar 40 persen menjadi 40.718 unit. Ditambah lagi kesuksesan Mobilio di India dipantau dari inden yang mencapai 6.500 unit di India, keyakinan pun semakin tinggi.

Selain di India, Mobilio juga dipasarkan di Jepang dan Indonesia. Penjualan di Indonesia telah mencapai 46.000 unit, Honda Cars India menginginkan gairah yang sama, target penjualan hingga akhir tahun diharapkan menyentuh 30.000 unit. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com