Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Absen 23 Tahun, Meksiko Kembali Gelar F1

Kompas.com - 25/07/2014, 14:50 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Mexico City, KompasOtomotif - Ajang balap mobil paling bergengsi di dunia, Formula 1, akan mendapat tambahan jadwal di musim depan. Formula One Management mengumumkan, Meksiko kembali masuk dalam jadwal musim 2015.

Negeri Sombrero tersebut bukanlah negara yang asing dengan F1. Meksiko pernah menjadi penyelenggara balapan jet darat ini, terakhir pada 1992. Kini setelah 23 tahun absen, Grand Prix Meksiko kembali masuk dalam kalender F1.

CEO Formula 1 Bernie Ecclestone dan Presiden CIE Alejandri Soberon, telah mencapai kata sepakat soal nilai kontrak penyelenggaraan. Meksiko menjadi salah satu tuan rumah sampai 2020 mendatang, dan balapan akan digelar di Autodromo Hermanos Rodigruez.

"Nyalakan mesin Anda, F1 akan kembali ke Meksiko tahun depan," tegas Soberon usai melakukan pertemuan dengan Ecclestone, seperti dilansir Autoevolution, (25/7/2014). Ecclestone menambahkan, "Kedua belah pihak akan sama-sama mengambil keuntungan besar."

Sebenarnya, GP Meksiko direncanakan mulai bergulir musim ini. Tapi CIE sebagai penyelenggara, tidak dapat memperbarui sirkuit dengan spesifikasi modern dalam waktu yang tepat, sehingga ditunda sampai 2015.

Pada gelaran GP Meksiko terakhir 1992 lalu, balapan dimenangkan oleh Nigel Mansell dari  Williams-Renault. Sejarah mencatat, legenda F1 Michael Schumacher meraih podium pertamanya di GP Meksiko 1992, dengan finish di posisi ketiga. Ketika itu juara dunia tujuh kali tersebut membela Benetton B192 di bawah pimpinan Ross Brawn.

Saat ini, ada dua pebalap Meksiko yang tampil di Formula 1. Pertama Sergio Perez, yang membela Force India, dan pebalap muda Esteban Gutierrez di Sauber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com