Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari Chiang Mai, Thailand

Suspensi All-New Navara untuk Indonesia Pakai Spek Beda

Kompas.com - 25/07/2014, 10:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Chiang Mai, KompasOtomotif– Dengan pengembangan baru, Nissan Motor Company Ltd mengatakan, generasi ke-12 Navara menjangkau segmen lebih luas. Mengombinasikan ketangguhan dan fungsi mobil komersial dengan kenyamanan sekelas SUV mewah.

Ada banyak hal yang membuat All-New Navara bisa disebut menyerupai SUV, salah satunya dari suspensi. Bagian depan menggunakan independent double-wishbone ditambah stabilizer, sementara di belakang memakai per daun. Ternyata, spesifikasi ini hanya digunakan pada model yang dipasarkan di Thailand untuk menyesuaikan regulasi pemerintah terkait pajak pikap.

Sementara di sebagian besar negara lain, termasuk Indonesia, Navara dilengkapi dengan suspensi 5-link di bagian belakang, suspensi depan sama. Sistem ini kebanyakan dipakai di SUV. NMC mengatakan kenyamanan bertambah sebab gesekan jauh berkurang dibanding per daun. Hasilnya juga menawarkan pengendalian dan stabilitas lebih baik dibanding kompetitor lain.

Yousuke Koike, Noise and Vibration Performance Light Truck NMC menjelaskan, 5-link sebenarnya sangat sederhana. Sama seperti suspensi multilink pada SUV namun dengan tambahan link di bagian belakang yang berperan sebagai stabilizer.

“Ini menghasilkan kekakuan sejajar, kemampuannya meningkat 280 persen. Tapi bobotnya turun hingga 20 kg (dibanding All-New Navara yang memakai per daun),” kata Koike, selepas Global Media Test Drive All-New Navara di Chiang Mai, Thailand, Rabu (23/7/2014).

Suspensi jenis ini, lanjut Koike, hanya akan digunakan untuk varian tertinggi, yakni model kabin ganda. Sementara varian di bawahnya tetap mengunakan per  daun seperti di Thailand.

Indonesia
Nissan Motor Indonesia (NMI) telah mengungkapkan akan menambah varian Navara untuk menggedor segmen komersial selain tetap menggoda segmen penumpang. Ada kemungkinan, kedua model yang ditawarkan, komersial dan "penumpang", bakal memiliki suspensi yang berbeda.

“Sebenernya spesifikasi suspensi disesuaikan dengan kebutuhan pasar. Di Thailand, pengaplikasian suspensi daun mendapat keringanan pajak, jadi wajar kalo diterapkan. Sedangkan di market negara lain dipersilakan memilih spesifikasi suspensi sesuai kebutuhan pasar. NMI memilih suspensi 5-link untuk kenyamanan lebih kepada konsumen,” jelas Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com