Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan "Fuel Cell" Toyota Hadir di IIMS 2014?

Kompas.com - 25/07/2014, 08:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Karawang, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah menyiapkan diri memyambut gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014, yang bergulir 18 September, mendatang. Bocorannya, merek asal tersebut akan kembali menyajikan mobil konsep.

"Booth-nya sama seperti tahun lalu, tapi kalau model konsep apa saja yang akan dipajang belum bisa diinformasikan. Yang pasti, deretan produk kami saat ini pasti akan dipajang," jelas Widyawati Soedigdo, General Manager Corporate Planning and Public Relation PT TAM, di Karawang, Kamis (24/7/2014).

Ketika ditanya apakah Toyota akan menampilkan sedan fuel cell (hidrogen), yang sempat dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2013 lalu, Widyawati mengatakan belum pasti. "Mobil hidrogen belum tahu apakah bisa dibawa atau tidak."

Bukan untuk jualan
Widyawati menegaskan, seperti prinsip pada gelaran IIMS tahun-tahun sebelumnya, TAM tidak berfokus pada angka penjualan. IIMS hanya sebagai ajang pameran, dan mengedepankan brand yang bersifat untuk masa depan.

"Motor show seperti IIMS buat Toyota bukan ajang mengejar angka penjualan sebanyak-banyaknya. Seperti tahun lalu, kami menampilkan Fun Vii, lalu ada mobil balap TS030 Hybrid dan Prius. Kalau penjualan naik, itu memang banyak konsumen yang mencari mobil baru di IIMS. Karena mereka bisa langsung membandingkan semua jenis mobil dari semua merek, hingga bisa mengambil keputusan," lanjut Widyawati.

Data KompasOtomotif menyebutkan, tahun lalu Toyota mampu melepas 10.219 unit mobil selama gelaran IIMS 2013. Avanza masih menjadi yang terlaris dengan share mencapai 34,1 persen. Di belakang Avanza ada Kijang Innova dan juga model Low Cost Green Car, Agya.

Tercatat transaksi mencapai Rp 2,3 triliun. Angka tersebut hampir mencapai setengah  dari total transaksi di IIMS 2013 yang mencapai Rp 4,937 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com