Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Patenkan Teknologi Setir Baru

Kompas.com - 23/07/2014, 14:16 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Maranello, KompasOtomotif – Ferrari mematenkan teknologi baru pada setir. Diklaim, pengembangan yang dilakukan sanggup membuat setir lebih akurat dan presisi. Terutama mengeliminasi umpan balik yang tak konsisten antara roda kemudi, sistem kemudi, dan transmisi.

Lebih jauh, tujuan teknologi setir baru ini menghilangkan ”kesalahan” pada transmisi yang disebabkan tidak akuratnya roda saat membaca input dari roda kemudi. Secara elektronis, komputer akan mengalkulasi sudut dan torsi pada roda kemudi.

Data lalu dikirim ke peranti elektonik lain untuk menghasilkan tekanan yang pas pada sistem setir. Transmisi akan membaca dari tekanan pada sistem setir agar menemukan gigi paling tepat. Sistem ini akan sangat berguna ketika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi.

Dengan cerdas Ferrari mempertahankan untuk tidak menambah biaya dengan peranti lunak baru. Keuntungan lain, kapasitas memori peranti lunak tetap kecil.

Meski produsen mobil dengan logo kuda jingkrak itu belum berencana menerapkan pada model-model masa depan, namun diyakini teknologi baru akan segera dipasangkan pada beberapa supercar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com