Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Chiang Mai, Thailand

Nissan Navara Acuan Lambang Gaya Hidup

Kompas.com - 23/07/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain sebagai kendaraan “kerja”, Light Commercial Vehicle Nissan Navara memang punya kesan lain. Di Indonesia, Navara yang dipasarkan Nissan Motor Indonesia (NMI), kebanyakan dibeli konsumen yang cenderung menganggapnya sebagai lambang status sosial, bukan digunakan sebagai kendaraan komersial.

Hal itu bisa terjadi sebab NMI hanya menawarkan satu varian, yakni versi paling tinggi yang terbagi menjadi dua pilihan transmisi, A/T dan M/T. Bila dipilah lebih detail, sepanjang Januari hingga Juni 2014, penjualan versi A/T lebih banyak ketimbang M/T.

Menurut rekap wholesales Gaikindo, total Navara terjual 176 unit selama 2014. Jika dipilah, 37 persen atau 65 unit versi M/T dan 63 persen (111 unit) merupaka varian A/T. Data itu berbeda dari tren  2013, kedua tipe tersebut berbagi rata total penjualan 602 unit, terdiri dari 305 unit M/T dan 297 unit A/T.

“Pejualan Navara sekarang lebih banyak matik karena varian yang kami tawarkan termahal yang lebih banyak dipakai konsumen untuk lifestyle bukan untuk komersial,” terang Budi Nur Mukmin, General Manager Marketing Strategy and Communication Division NMI, Selasa (22/7/2014).

Komersial
Navara anyar generasi ke-12 telah lahir di Thailand, Juni 2014. NMI kini sedang mempersiapkan dengan matang peluncuran untuk dalam negeri yang akan dilakukan pada 2015. Produk baru berarti strategi ikut berkembang. Disebutkan, NMI bakal serius memasuki segmen komersial dengan tambahan varian All-New Navara yang lebih sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com