Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Barang Penting buat Penumpang Saat Mudik

Kompas.com - 22/07/2014, 16:49 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakara, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas barang-barang yang penting dibawa, untuk antisipasi kondisi darurat mobil saat melakukan perjalanan mudik. Namun, masih ada barang lain yang berguna untuk kondisi darurat pengemudi dan penumpang.

"Selain peralatan untuk kondisi darurat mobil, ada barang lain yang harus dibawa dan bisa berguna untuk pengemudi dan penumpang. Misalnya obat-obatan, charger ponsel atau hiburan bagi penumpang. Ini semua akan menunjang kenyamanan saat perjalanan jauh," jelas Dadi Hendriadi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) saat berbincang dengan KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Berikut adalah rincian barang penting yang wajib dibawa, sebagai antisipasi kondisi darurat pengemudi dan penumpang di perjalanan mudik:

1. Obat-obatan dan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan). Pastikan isinya masih bisa terpakai, seperti obat merah, plester luka atau perban. Bawa juga obat penting untuk masuk angin, pusing, mual, demam, diare dan juga alergi.

2. Perangkat isi ulang baterai ponsel portabel. Bisa tersambung dengan alat pemantik api di konsol. Pilih perangkat dengan beragam konektor dari beragam merek. Cek lebih dulu sekring charger di kotak sekring (fuse box), pastikan masih berfungsi baik.

3. Hiburan kabin juga penting buat kenyamanan penumpang, terutama anak-anak. Bisa membawa game portabel, yang bisa membuat mereka tidak cepat jenuh. Alternatif lain jika mobil sudah dilengkapi dengan fitur DVD player, bisa membawa film-film favorit.

4. Terakhir dan cukup penting adalah selimut dan jaket serta kaus kaki. Ini berguna untuk menangkal suhu rendah di dalam kabin, terutama saat perjalanan di malam hari. Bawa juga tisu kering dan tisu bawah, sebagai alternatif sebagai pembersih selain menggunakan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com