Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Auto2000 Turun Tipis

Kompas.com - 22/07/2014, 11:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation (Auto2000) selaku pemasar utama Toyota di Indonesia mengaku penjualannya turun tipis. Data penjualan ritel Januari-Juni 2014 tercatat 159.534 unit, turun 0,1 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 159.686 unit.

Penurunan penualan juga terjadi di Juni 2014 menjadi 27.767 unit, turun 2 persen dari bulan sama tahun sebelumnya 28.416 unit.

Suparno Djasmin, Chief Executive Officer Auto2000 mengatakan, penurunan pasar yang terjadi kali ini terpengaruh oleh beberapa faktor. Mulai dari jumlah hari kerja yang lebih pendek, dan digelarnya pemilihan umum presiden.

"Pada pilpres kali ini memang ada konsumen yang menunda pembelian, tetapi tidak semua. Saya juga cermati, liburan Lebaran kali ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru anak sekolah," jelas Suparno yang juga akrab dipanggil Abong, di sela bukber wartawan di Bunga Rampai, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (21/7/2014).

Agustus
Pasar mobil nasional, jelas Abong, diharapkan bisa mulai pulih pada Agustus 2014, dengan catatan hasil pengumuman pilpres berlangsung aman. "Mungkin akan balik ke posisi (penjualan) Juni (107.591 unit). Mungkin sedikit di bawah Juni, karena ada faktor masih banyak orang yang pulang kampung," beber Abong.

Pelaku industri berharap penjualan tahun ini porsinya bisa lebih besar pada semester kedua jika pilpres berlangsung aman. Faktor nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, menurut Abong, juga memegang peranan penting terhadap penjualan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com