Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Siapkan Diskon Rp 230,09 Miliar untuk Mobil Hidrogen

Kompas.com - 21/07/2014, 09:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Tokyo, KompasOtomotif - Pemerintah Jepang melalui Perdana Menteri Shinzo Abe menyatakan, sudah menyiapkan dana paling sedikit 2 juta yen (Rp 230,09 miliar), untuk subsidi kendaraan berteknologi bahan bakar hidrogen. Baik pemerintah dan prinsipal otomotif, seperti Toyota akan bahu-membahu untuk mempercepat penyebaran jenis kendaraan ini.

Melalui subsidi ini, maka konsumen di Jepang bisa membeli model terbaru Toyota FCV, berbahan bakar hidrogen yang dibanderol sekitar 5 juta yen (Rp 575,2 juta). Padahal, harga sebenarnya berada di level sekitar 7 juta yen (Rp 805,3 juta) dan siap dipasarkan akhir Maret 2015.

Abe melakukan kunjungan khusus pada stasiun pengisian hidrogen dan menguji secara pribadi kendaraan berteknologi baru ini, Jumat (19/7/2014) lalu. Ia juga berkomitmen untuk mendorong populasi teknologi baru ini dengan memberikan subsidi dan pembelian dari lembaga pemerintah Jepang.

"Mobil ini merupakan era baru karena sama sekali tidak menghasilkan karbondioksida dan sangat ramah lingkungan. Pemerintah wajib mendukung ini," jelas Abe kepada jurnalis. Abe berharap bisa ikut mendorong promosi kendaraan ini sehingga menciptakan lingkungan lebih baik di masa depan.

Selain Toyota, Honda Motor Company juga sudah siap melepas kendaraan serupa mulai tahun depan (2015). Baik pemerintah maupun para ahli industri percaya, teknologi ini butuh waktu hingga satu dekade sampai akhirnya digunakan secara global. Karena, biaya mahal pembangunan infrastruktur stasiun pengisian hidrogen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com