Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ford Kebanjiran Pesanan DSFL

Kompas.com - 20/07/2014, 17:10 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Program Driving Skill for LIfe (DSFL) menjadi agenda resmi Ford Motor Indonesia (FMI) sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), guna meningkatkan kesadaran berkendara di Indonesia.

DFSL tidak hanya ditujukan buat konsumen Ford semata, tapi kepada seluruh lapisan masyarakat yang sudah atau ingin belajar tentang tata cara berkendara yang baik dan aman. Program tersebut sudah dilakukan FMI sejak 2008, dan secara rutin bergulir hingga 2014 ini.

"Ford menjadi produsen pertama di Indonesia yang rutin menggelar program seperti ini. DSFL sudah kami lakukan sejak 2008, dan sedikitnya 10.000 pengendara Indonesia sudah kami berikan sertifikasi DSFL," ujar Bagus Susanto, Managing Director FMI, saat gelaran DSFL kepada komunitas menyambut mudik Lebaran 2014, Sabtu (19/7/2014).

Bagus melanjutkan, bila awalnya Ford yang mendatangi langsung komunitas atau perusahaan-perusahaan buat menjadi mitra didik DSFL, saat ini mereka yang datang langsung meminta Ford untuk mengadakan pelatihan tersebut. Setidaknya, dalam satu bulan FMI bisa dua kali mengadakan program ini.

"Awalnya memang sulit, kami yang mengajukan proposal kepada mereka, baik komunitas, perusahaan, kampus atau lembaga negara buat mengajak bermitra di DSFL ini. Tapi, sekarang mereka yang antri menunggu kami ajak. Satu bulan bisa sampai dua kali kami melakukan DSFL. Ini merupakan prestasi bagi kami, dan bisa meningkatkan reputasi Ford sebagai produsen yang konsen dengan keselamatan berkendara," lanjut Bagus.

Tanpa misi dagang
Bagus menegaskan, kendati sudah banyak peminat program hingga bisa mendatangkan ribuan peserta, FMI tidak akan menyelipkan program lain untuk kepentingan penjualan. Dijelaskan Bagus, ini adalah murni program CSR Ford yang memang dilakukan serentak secara global.

"Bisa dilihat tidak ada banner promosi atau sales yang menawarkan produk Ford. Bagi kami ini murni program CSR Ford, dan tidak diselipkan penjualan. Kami biarkan peserta merasakan langsung fitur-fitur yang tersemat dalam produk Ford, tanpa meminta mereka untuk menjadi konsumen," tegas Bagus.

Tahun ini FMI menggandeng Jakarta Defensive Driving Center (JDDC) sebagai pemberi pembekalan. Sebelumnya, Ford sudah mulai mengajak aparat keamanan negara seperti kepolisian, TNI Agkatan Darat, Laut dan Udara untuk ikut menjadi peserta DSFL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com