Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Murah Datsun Mulai Tempel Brio Satya

Kompas.com - 19/07/2014, 17:10 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Baru dua bulan dipasarkan untuk konsumen Indonesia, Datsun Go+ Panca mulai menunjukkan kebolehan. Produk hasil program Kendaraan Bermotor Roda Empat Harga Terjangkau dan Hemat Bahan Bakar alias LCGC itu mulai menempel rival Honda Brio Satya yang bermain di segmen sama.

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada bulan kedua di Juni 2014, Go+ Panca berhasil menjual 2.225 unit tepat di bawah Brio Satya yang terjual 2.986 unit. Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, penjualan Datsun melesat 86,8 persen dari 1.191 unit.

Hasil ini mencerminkan kalau kehadiran merek yang sudah lama mati suri itu cukup dinantikan konsumen Tanah Air. "Kami punya outstanding order sampai sekitar 5.000-an unit," jelas Stephanus Ardianto, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Rencananya, Datsun sudah menyiapkan produk kedua tahun ini, Go, yakni versi city car dari Panca yang sudah diluncurkan dibeberapa negara lain, seperti India dan Rusia.

Mobil murah
Kehadiran Datsun Go+ Panca di pasar domestik Indonesia, semakin memperbanyak pilihan produk LCGC bagi konsumen. Opsi ukuran bodi yang lebih panjang, bergaya kendaraan multi guna (MPV) diklaim lebih cocok dengan karakter konsumen lokal ketimbang merek lain yang memilih wujud mobil kota (city car).

Kembali mengacu ke data penjualan, periode semester pertama tahun ini, total produk LCGC yang sudah terjual di Indonesia mencapai 85.643 unit. Model terlaris masih diduduki Toyota Agya dengan 37.015 unit. Peringkat kedua, Daihatsu Ayla dengan 23.573 unit, disusul Honda Brio Satya 11.493 unit, Suzuki Karimun Wagon-R 10.146 unit, dan Datsun Go+ Panca 3.416 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com