Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia Berusaha Bertahan

Kompas.com - 15/07/2014, 10:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Mazda Motor Indonesia (MMI) mengaku tetap optimis bisa mencapai target penjualan 2014 yang ditetapkan 12.000 unit pada awal 2014. Caranya, dengan mengandalkan tiga model terlarisnya saat ini, yakni Mazda2, CX-5, dan Biante.

Presiden Direktur MMI Keizo Okue menjelaskan, total pasar mobil nasional sebenarnya tengah menurun pada periode paruh pertama tahun ini. Lonjakan penjualan yang terjadi hanya karena mulai dipasarkannya beberapa produk mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) garapan pemerintah.

"Kalau Anda hitung total pasar dengan mengeluarkan segmen LCGC, maka terlihat ada penurunan sekitar 6 persen tahun ini," jelas Okue, di sela bukber dengan wartawan di Exodus, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (14/7/2014).

Data penjualan MMI, periode Januari-Juni 2014 tercatat 5.184 unit. Dari jumlah itu, porsi penjualan terbesar disumbang CX-5 dengan porsi 34,5 persen, disusul Mazda2 (29,3 persen), dan Biante (15,3 persen). Okue sadar kalau di ketiga segmen andalannya, pasarnya juga lagi turun tahun ini, tapi melihat hasil penjualan setengah tahun pertama, nada optimis masih bisa dikeluarkan.

"Penjualan kami tidak naik, tidak juga turun, relatif sama seperti tahun lalu. Ini cukup baik, kami berusaha bertahan terus," beber Okue.

Pada paruh kedua, jelas Okue, MMI mengaku masih optimis bisa mencapai target penjualannya tahun ini. Salah satunya mengandalkan ajang tahunan Indonesia International Motor Show (IIMS) yang bergulir, September 2014 ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com