Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”Mobil Terbang” Ini Siap Dipasarkan Lebih Murah dari Mercy S-Class

Kompas.com - 14/07/2014, 16:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Amsterdam, KompasOtomotif – Mobil terbang yang selama ini hanya sebatas mimpi kini mendekati kenyataan. Perusahaan independen asal Belanda, Pal-V, menyatakan siap memasarkan mobil roda tiga yang bisa diajak terbang dengan ketinggian di bawah 4.000 kaki.

Berdasarkan lapran BBC Autos, (10/7/2014), mobil ini akan mulai diproduksi akhir tahun ini, dan dipasarkan awal 2016 dengan banderol 395 dollar AS atau setara Rp 4,6 miliar. Produksi maksimal 150 unit per tahun.

Pal-V yang artinya Personal Air and Land Vehicle itu pada dasarnya mobil roda tiga. Banyak yang menyebut ini sejenis sepeda motor. Tapi apalah sebutannya, yang jelas mesin bertenaga 230 PS-nya bisa melesatkan kendaraan sampai 180 kpj.

Suspensi hidrolik membuat mobil bisa miring ketika belok dan memastikan pengendalian yang stabil dalam kecepatan tinggi.

Mesin dilengkapi propeler di bagian belakang dan atas yang akan muncul jika disetel mode terbang. Semacam ”Transformer”, bodi akan berubah untuk mengeluarkan propeler sebagai penggerak utama. Butuh waktu 10 menit untuk menyiapkan transformasi dari kendaraan darat ke udara.

Tidak seperti helikopter yang terbang secara vertikal, kendaraan ini butuh landas pacu 160 meter. Di udara, Pal-V bisa melaju 50 kpj.

Yang saat ini diperdepatkan adalah soal regulasi. Dengan konfigurasi ban dan model, kendaraan ini butuh regulasi baru untuk mengaspal. Faktor keselamatan juga menjadi pertimbangan, apakah butuh tes tabrak atau tidak.

Berikut videonya:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com