Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Jadi "Negara Lautan Skuter"

Kompas.com - 14/07/2014, 14:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Taipei, KompasOtomotif – Jika Anda merasa jenuh dengan lalu lintas kota-kota besar di Indonesia yang amburadul dengan pengendara, khususnya biker ceroboh serta tak taat peraturan, cobalah sedikit membuka wawasan tentang negeri tetangga. Kita punya ”teman” yang kepadatan di jalan serupa, bahkan lebih ”keras”, yakni Taiwan.

Di Taiwan puluhan juta skuter tumplek blek. Tidak ada data yang pasti, namun di beberapa blog tercatat jumlah skuter yang beredar mencapai 15 juta unit! Wardsauto pun merilis baru-baru ini, data yang mereka punya lebih sedikit, 11 juta skuter beredar di jalanan yang sangat padat di jam-jam sibuk (lihat video).

Digambarkan, sangat jarang tipe sepeda motor lain, hampir semua biker naik skuter. Selain itu, suasana tak cuma tampak padat, banyak pelanggaran lalu-lintas (digambarkan dalam ratusan video di Youtube) yang kemudian berujung pada kecelakaan lalu lintas.

Taipei adalah kota cukup besar dengan kendaraan umum cukup baik berupa subway dan bus yang terintegrasi. Namun, orang lebih banyak memilih naik skuter untuk mengejar waktu, mengambil jalan pintas atau bisa dengan mudah mampir ke beberapa tempat.

Potensi
Pemicunya, Pemerintah Taiwan mendorong penjualan skuter, terutama dengan spesifikasi ramah lingkungan untuk mendapat subsidi. Harga skuter rata-rata di sana antara 1.500-2.500 dollar AS atau setara Rp 17-30 juta. Kalau tidak ada duit, bisa beli bekas yang sangat murah, antara 300-1.100 dollar AS atau setara Rp 3,5-11 juta.

Itulah mengapa, Taiwan dengan penduduk sekitar 23 juta jiwa disebut sebagai gudangnya skuter. Bahkan berbagai merek yang diproduksi lokal mengekspor produknya ke sejumlah negara. Nilanya mencapai 480 juta dollar AS atau setara Rp 5,5 triliun!

Kondisi
Alhasil, sejauh mata memandang, akan tampak skuter yang berjubel, terutama di jam-jam sibuk. Dalam salah satu video di Youtube, bisa disimak bahwa arus skuter tak pernah berhenti di salah satu jembatan kota Taipei. Semua pakai skuter, bahkan sampai memenuhi jembatan bak arus mudik yang baru turun dari kapal dan tak pernah putus.

Mungkin video berikut bisa membuka mata kita tentang jutaan skuter yang memenuhi jalan di Taipei:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com