Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Honda Fit Hibrida Bermasalah

Kompas.com - 11/07/2014, 13:04 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Tokyo, KompasOtomotif - Honda Motor Company mengumumkan kampanye perbaikan massal terhadap 175.356 unit kendaraan di Jepang. Semua kendaraan itu berteknologi hibrida, termasuk model terlaris Fit (Jazz) karena ada masalah pada sistem piranti lunak di ECU (engine control unit).

Selain Fit generasi hibrida, Vezel yang baru dipasarkan akhir 2013 lalu ikut terkena recall. Kedua model hibrida ini baru dipasarkan di Jepang dan belum diekspor ke negara lain.

Kerusakan program pada piranti lunak, bisa mengakibatkan kendaraan ngebut secara tak terkendali. Honda mengaku sudah ada 11 kecelakaan yang dilaporkan, meskipun tidak ada korban luka atau meninggal.

Perbaikan ECU ini akan memakan waktu hingga 90 menit. Setiap pelanggan akan dihubungi untuk melakukan perbaikan secepatnya di bengkel resmi.

Penjualan
Honda mulai memasarkan Fit generasi ketiga, September 2013. Hatchback ini merupakan model terlaris di Jepang, di bawah Toyota Aqua hibrida, menurut Asosiasi Jaringan Pemasaran Otomotif Jepang. Penjualan Fit naik 69 persen dalam enam bulan pertama tahun ini menjadi 121.746 unit.

Dari seluruh hasil penjualan, sekitar dua-per-tiga merupakan varian hibrida. Fit versi mesin konvensional sudah mulai dijual di AS dari pasokan pabrik Honda di meksiko, mulai Juni 2014.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com