Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Juta Sepeda Motor Dijual Yamaha di Indonesia

Kompas.com - 07/07/2014, 12:40 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia tumbuh dan berkembang pesat hingga tahun ini menginjak usia ke-40. Banyak kontribusi yang diberikan untuk negara dan konsumen melalui produk-produk dan berbagai aktivitas demi mendekatkan diri dengan masyarakat.

Tercatat, sejak berdiri pada 1974 hingga 2014, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memproduksi 30 juta unit sepeda motor. Jika melihat performa lima tahun terakhir (2010 – Juni 2014), segmen matik menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan yaitu 52,9 persen, lalu diikuti bebek 32,5 persen, dan sport 14,6 persen.

Skutik
Pamor Yamaha bisa dibilang kian mencuat sejak lahirnya Mio. Hadirnya model ini memberikan perubahan besar di pasar Indonesia karena menjadi tren dan favorit konsumen saat itu. Bahkan hingga kini, skutik bertransformasi menjadi model yang difavoritkan menggeser bebek.

Diperkenalkan perdana pada 2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, model ini mengukir sejarah sebagai sepeda motor produksi ke-20 juta tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011. Citra Mio pun semakin luas, tak lagi menjadi favorit wanita, tapi juga menjadi keseharian laki-laki karena kepraktisannya.

Sementara di segmen sport, tahun ini menggebrak dengan meluncurkan dua jagoan, R15 dan R25. Sudah lama dinantikan dan akhirnya mimpi itu terpenuhi, membuat konsumen agresif memburunya. Strategi menjual lewat inden online berhasil mencetak sejarah dalam penjualan sepeda motor di Indonesia dimana ribuan unit langsung ludes dalam satu hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com