Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

All-New PCX dengan Harga Khusus Hanya di Jakarta Fair 2014

Kompas.com - 01/07/2014, 17:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah lama dinanti, Astra Honda Motor (AHM) akhirnya resmi meluncurkan All-New Honda PCX di Jakarta Fair 2014 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (1/7/2014). Skutik “bongsor” 150 cc ini tampil lebih segar dengan desain baru yang disertai fitur fungsional tambahan.

“All-New Honda PCX ditujukan buat pecinta skutik yang menginginkan tenaga besar namun hemat bahan bakar. Kemewahan dan kenyamanan terbaru yang ditawarkan All New Honda PCX, tentu akan memberikan kebanggaan tersendiri bagi pecinta skutik premium yang mendambakan sensasi berkendara penuh prestige,” kata Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya, dalam sambutannya membuka prosesi peluncuran.

Desain
Wajahnya yang membulat semakin “bersinar” dengan Light Emitting Diode (LED) pada lampu besar, sein, senja, dan lampu belakang yang kini terpisah dengan sein. Aplikasi ini mirip skutik premium Honda lainnya. AHM mengatakan, pemakaian daya listrik berkurang 80 persen dibanding versi terdahulu sementara pencahayaan justru lebih terang 80 persen. Selain itu ada fitur tambahan, lampu hazard.

Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Bagian lampu All-New Honda PCX 150
Di bawah jok, kapasitas penyimpanan sekarang lebih besar, muat hingga volume 25 liter. Buka tutup jok tidak sulit, sebab tidak akan terjatuh meski dibuka separuh. Mirip Honda Supra X 125 FI, terdapat kelengkapan isi baterai gadget, namun letaknya bukan di bagasi melainkan di kompartemen di bagian sayap.

Seiring kapasitas bagasi yang lebih besar, tangki bahan bakar juga makin muat banyak. Sekarang mampu menampung delapan liter. AHM mengklaim dengan tangki terisi penuh, All-New PCX mampu menjelajah 36 persen lebih lama dari versi lama.

Febri Ardani Saragih/KompasOtomotif Bagasi All-New Honda PCX dengan kapasitas 8 liter
Masih ada lagi yang keren, fitur Answer Back System dengan alarm anti-maling. Fitur ini menawarkan rasa aman saat di lokasi parkir, jika tombol “Answer Back” di kunci ditekan, All-New PCX akan mengeluarkan bunyi “beep”. Dengan catatan, kondisi terbaik di jarak di bawah 39 meter. Fitur ini sudah ada di Vario 125.

Mesin
Perubahan hanya ada di sektor desain dan fitur, sementara di mesin tetap sama, menggunakan 150 cc SOHC, PGMFI, berpendingin cair, plus teknologi eSP (Enhanced Smart Power). Dari situ tenaga yang dihasilkan 13,5 PS @8.500 dan torsi 13,7 Nm @ 5.500 rpm, cukup membuat bodi seberat 133 kg melenggang di jalanan.

Dimensi tetap sama, panjang 1.931 mm, lebar 737 mm, dan tinggi 1.103 mm. Jarak sumbu roda 1.315 mm dan jarak terendah dengan tanah 138 mm. Menunjang keamanan, pengereman dilengkapi Combi Brake System hidrolis dengan tiga piston kaliper.

Harga
Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2010 dengan kapasitas mesin 125 cc, PCX terus diburu hingga saat ini. Meski sudah diluncurkan, harga All-New PCX belum diresmikan, masih menunggu unit kiriman impor dari Vietnam yang diperkirakan datang pada September.

Namun ada kabar baik buat calon konsumen yang memesan di Jakarta Fair 20124, Margono mengatakan konsumen ini hanya perlu membayar dengan harga model lama, yakni Rp 37,9 juta (on the road Jakarta). “Kami meminta maaf belum dapat menyediakan unit sekarang, rencana kami distribusi unit akan datang di akhir September,” jelas Margono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com