Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Listrik Harley-Davidson "Bumbu" Detroit

Kompas.com - 30/06/2014, 17:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Milwaukee, KompasOtomotif - Keputusan Harley-Davidson (HD) mengembangkan sepeda motor listrik, konsep Livewire, membawa pabrikan moge asal Amerika Serikat itu ke level yang berbeda. Melahirkan tunggangan tanpa suara membelokkan kebiasaan selama seabad melahirkan layout mesin V-Twin.

Automotive News, Senin (30/6/2014), mengungkapkan, ternyata di belakang pergerakan HD mengusung penerapan teknologi lebih canggih bertabur "bumbu" dari pabrikan asal Detroit, General Motors (GM).

Dialah Jim Federico, orang yang meyakini Livewire bisa menuju model produksi. Ia telah 36 tahun mengabdi dan telah mengerjakan banyak pekerjaan top di GM. Di antaranya, sebagai kepala insinyur mobil kompak dan listrik pada range-extended Chevrolet Volt hybrid dan Spark EV.

Federico akan mengawasi dan mengevaluasi rekayasa sekaligus pengembangan HD. Sebagai tahap awal, rencananya 30 unit Livewire akan dibawa test ride oleh konsumen sambil mengunjungi 30 HD untuk proses pengenalan sekaligus survei. Kendati keputusan produksi belum diresmikan, pejabat HD menganggap serius arah baru ini.

Federico (56) juga merupakan anggota dari tim insinyur GM yang menganalisa dampak kerusakan tombol starter pada 2012, setahun sebelum GM me-recall 2,6 juta kendaraan akibat masalah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com