Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Byson Injeksi, Lebih Jinak!

Kompas.com - 30/06/2014, 16:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Delhi, KompasOtomotif - Setelah sempat memamerkan prototipe generasi terbaru di ajang Delhi Auto Expo, Januari 2014 lalu, akhirnya Yamaha meluncurkan FZ-S FI V2.0 alias Byson injeksi, di India, Senin (30/6/2014). Generasi terbaru Byson ini dibekali mesin baru yang kini lebih jinak dari model sebelumnya.

Dari segi desain, tampilan Byson baru nyaris tak berbeda dengan konsep yang dipamerkan sebelumnya. Beberapa penyegaran terlihat pada beberapa bagian, antara lain lampu depan, desain bahu (shourd), jok kini sudah terpisah (split seat), lampu belakang, dudukan plat nomor belakang, pelapis knalpot (cover), dan beberapa pilihan warna baru. Juga ada sentuhan penyegaran di bagian handel belakang dan spatbor ban belakang.

BlueCore
Ubahan paling signifikan yang ditawarkan Yamaha pada generasi terbaru Byson ini adalah teknologi injeksi BlueCore, berbeda dengan di Indonesia yang selalu mendengungkan teknologi YMJET FI. Yamaha mengklaim berhasil meningkatkan level efisiensi konsumsi bahan bakar dan mengurangi tenaga mubazir berkat sistem injeksi.

Yamaha juga membekali Byson dengan mesin baru 149 cc, lebih kecil dari sebelumnya 153 cc. Dengan kapasitas lebih kecil, otomatis tenaga yang dihasilkan juga berkurang menjadi 13,1 PS dan torsi 12,8 Nm dari model sebelumnya 14 PS dan 13,6 Nm.

Meski secara hitungan tenaga berkurang, diklaim kemampuan sepeda motor ini sama sekali tidak berubah, malah justru konsumsi BBM jadi 14 persen lebih irit. Emisi gas buang juga lebih baik 33 persen dari model sebelumnya. Byson injeksi berbobot 3 kg lebih ringan dari model sebelumnya. Ukuran ban dipertahankan sama, tetapi dengan kembang berbeda membuat cengkraman di aspal jauh lebih baik.

Yamaha melepas Byson injeksi di India dengan banderol 76.250 dan 78.250 rupee (Rp 15,08 juta dan Rp 15,4 juta).

Indianautosblog Desainnya sama seperti konsep yang diperkenalkan sebelumnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com