Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Mulai Jual Baterai Leaf Rp 66,16 Juta

Kompas.com - 29/06/2014, 17:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Nissan Motor Company akhirnya menggulirkan program penggantian baterai untuk mobil listrik massal pertama di dunia, Leaf, di Amerika Serikat. Setiap konsumen bisa mengganti baterai Leaf yang terasa sudah berkurang kemampuan menyimpan listriknya ke jaringan resmi Nissan di seluruh AS.

Program ini sempat disampaikan dalam informasi awal, tapi harus menghadapi berbagai rintangan yang berliku sampai akhirnya bisa diluncurkan tahun ini. "Maaf kami lebih diam soal topik ini. Saya harap Anda setuju kalau program ini layak untuk ditunggu," tulis Brian Brockman, juru bicara Nissan di blog resmi My Nissan Leaf, dilansir Autoblog (27/6/2014).

Penggantian baterai bisa dilakukan di jaringan pemasaran resmi Leaf di seluruh AS dengan biaya 5.499 dollar AS ( Rp 66,1 juta). Biaya ini sudah termasuk pembelian kembali baterai lama konsumen yang dihargai 1.000 dollar AS (Rp 12,03 juta). Tapi, harga ini belum termasuk pajak dan jasa servis yang diestimasi butuh waktu hingga 3 jam.

Nissan mengaku masih memfinalisasi metode pembayaran cicilan lewat lembaga keuangan, sehingga konsumen bisa lebih ringan via kredit. Tujuannya, menciptakan skema pembayaran dengan cicilan per bulan, sekitar 100 dollar per bulan.

Setiap baterai baru ini juga memiliki garansi 8 tahun atau 100.000 mill atas kerusakkan dan  5 tahun atau 60.000 mil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com