Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Tes Mercy E-Class Hibrida Jelajah Afrika hingga Inggris

Kompas.com - 29/06/2014, 16:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Leicester, KompasOtomotif- Jurnalis asal Inggris, Andrew Frankel, membuktikan ketangguhan Mercedes-Benz E300 BlueTEC Hybrid. Pengujian dilakukan dengan “melibas” perjalanan dari Afrika menuju garis finis di Goodwood Festival of Speed (GFoS) 2014 yang diselenggarakan di Goodwood park Leicester, Inggris, (26-29/6/2014). Dalam pejalanan tersebut Frankel hanya mengandalkan satu tangki bahan bakar terisi penuh.

Frankel berhasil tiba tepat sebelum pembukaan GFoS, menempuh jarak 1.968 km dari posisi start di Tangier, Afrika Utara. Targetnya memang demikian, sebab mobil yang ia gunakan akan dipajang di acara gathering tahunan terbesar buat para pecinta otomotif di Negeri Ratu Elizabeth.

Ada 80 liter bahan bakar di dalam tangki, cukup untuk “membelah” dua benua dan empat negara. Frankel mengungkapkan, versi hibrida dari E-Class adalah salah satu yang teririt di segmennya. Selama perjalanan ia mendapatkan angka keiritan 32,3 kpl.

GT Spirit Mercedes-Benz E300 BlueTEC Hybrid mencapai 32,3 kpl selama perjalanan dari Afrika meunju Inggris.

Pencapaian itu tidak didapatkan dengan mudah, Frankel menyebutkan banyak relief menantang, tidak hanya sekedar lurus dan mulus. Hujan besar, panas menyengat, macet, dan berbagai ragam ketinggian permukaan tanah tipe perjalanan luar kota, menjadi beberapa masalah yang menantang.

E300 BlueTEC Hybrid memiliki mesin diesel 2.1 liter turbochager bertenaga 203 PS dan torsi 500 Nm ditambah motor listrik 20 PS dan torsi 250 Nm. Kombinasi keduanya mengantarkan Frankel hampir sejauh 2.000 km dari Afrika ke Inggris, hanya dalam waktu 27 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com